Hanya Jual 60 Ribu Lembar Tiket untuk Laga Timnas Indonesia Vs Argentina, Ini Alasan PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah), saat pengumuman soal tiket FIFA Matchday Timnas Indonesia versus Argentina. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan FIFA Matchday akan mempertemukan Timnas Indonesia kontra Argentina. Laga ini bakal dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 19 Juni mendatang.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) hanya menyediakan kuota tiket 60 ribu lembar untuk dijual. Ini kurang dari kapasitas SUGBK yang mencapai 78 ribu penonton.

Langkah ini memunculkan pertanyaan karena animo pencinta sepak bola di Tanah Air sangat tinggi untuk menyaksikan aksi Lionel Messi dan kawan kawan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir membeberkan, kenapa tiket yang dijual kurang dari kapasitas penonton.

"Ya tentu ada beberapa hal yang kita jaga, satu agar kapasitasnya seimbang, ini demi menjaga keamanan. Tapi tentu ada pihak-pihak sponsor yang sudah memiliki kuota tiket, itu yang kami jaga," ucap Erick Thohir dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 29 Mei.

Selain kuota tiket yang dialokasikan juga untuk pihak sponsor, Erick Thohir menyebut akan ada tiket yang digunakan PSSI untuk tamu undangan termasuk tokoh-tokoh sepak bola internasional. Kehadiran tamu undangan itu dimanfaatkan federasi untuk menunjukan kesiapan secara fasilitas dalam menyambut La Albiceleste.

"Belum lagi nanti kita harapkan juga bersamaan dengan ini (FIFA Matchday) ada beberapa tokoh sepak bola internasional, beberapa pengurus sepak bola Asia Tenggara, Asia, dan bahkan dunia mau kita undang juga, supaya melihat bagaimana fasilitas di Indonesia yang tidak kalah," ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

"Karena kemarin waktu tim Argentina datang ke sini, mereka sangat terkejut dengan infrastruktur yang kita miliki. Ini yang ingin kita tunjukkan ke beberapa negara yang belum pernah ke Indonesia bahwa kita adalah negara yang kuat secara kultural maupun infrastruktur," lanjutnya.

Tiket dengan kuota 60 ribu lembar untuk laga timnas Indonesia vs Argentina itu akan mulai dijual pada 5-7 Juni mendatang. Kategorinya dibagi menjadi empat dengan harga termurah dijual mulai Rp600 ribu.

"Harga tiket ini sudah termasuk pajak dan servis. Untuk Kategori 3 dijual Rp600 ribu, Kategori 2 Rp1,2 juta, Kategori 1 Rp2,5 juta. Sementara untuk VIP Barat dan Timur Rp4.250.000. Jadi rata-rata harga tiket tetap di Rp1 jutaan," jelas Erick Thohir.