Rafael Nadal Comeback setelah Sempat Ingin Pensiun
Petenis Spanyol Rafael Nadal akan kembali berkompetisi pada akhir tahun ini setelah absen lama akibat cedera (Instagram/@rafaealnadal).

Bagikan:

JAKARTA – Rafael Nadal mengonfirmasi dirinya akan kembali berkompetisi pada akhir tahun ini. Dia akan tampil di Brisbane International setelah hampir satu tahun absen karena cedera.

Mantan petenis nomor satu dunia berusia 37 tahun itu telah absen sejak mengalami cedera pada fleksor pinggulnya saat kalah pada putaran kedua di Australia Open bulan Januari 2023.

”Setelah satu tahun absen dari turnamen, inilah saatnya untuk kembali. Itu akan terjadi di Brisbane, minggu pertama bulan Januari 2024. Sampai jumpa di sana,” kata Nadal dalam unggahan di media sosial Instagram miliknya.

Brisbane International akan menjadi ajang persiapan buat Nadal untuk menghadapi Australia Open pada 14 Januari 2024. Itu adalah turnamen yang pernah dimenangi Nadal pada 2009 dan 2022.

CEO Australia Open, Craig Tiley, bulan lalu mengatakan Nadal akan berpartisipasi dalam turnamen ini meskipun petenis berkebangsaan Spanyol tersebut belum mengkonfirmasi ihwal informasi itu.

Nadal, yang merupakan juara Grand Slam 22 kali, sebelumnya menjalani operasi pada bulan Juni 2023. Dia bahkan sempat mengutarakan rencana untuk pensiun dari tenis pada ujung musim 2024 nanti.

Hal itu ia sampaikan ketika mengumumkan absen dari Perancis Open untuk pertama kalinya dalam 19 tahun.

Nadal mengatakan bahwa tahun 2024 mungkin akan menjadi tahun terakhir dalam kariernya.

Saat itu, Nadal bersama Novak Djokovic dari Serbia masih memegang rekor bersama dalam hal jumlah gelar Grand Slam terbanyak tunggal putra. Namun, Djokovic kemudian melewatinya setelah juara di Roland Garros dan US Open.

Brisbane International akan dihelat pada 31 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.