Newcastle Hancurkan Chelsea Hanya Lewat Dua Gol dalam Satu Menit
Pemain Newcastle United Joelinton merayakan gol ke gawang Chelsea. Newcastle menang 4-1 di laga itu. (Twitter @NUFC)

Bagikan:

JAKARTA - Chelsea hancur-lebur hanya dalam tempo satu menit dan harus mengakui keunggulan Newcastle United 4-1 di pertandingan Premier League Inggris di Stadion St James' Park, Sabtu, 25 November malam WIB. Kehancuran Chelsea terjadi saat dua gol Newcastle tercipta dalam satu menit.

Rekor gila-gilaan Chelsea. Klub London Barat ini tercatat tiga kali berturut-turut kebobolan empat gol.

Hasil buruk itu yang menjadikan The Blues masih tertahan di papan tengah dan terancam kehilangan kesempatan bersaing memperebutkan tiket ke Liga Champions musim depan.

Sebelumnya, Chelsea dihajar Tottenham Hotspur 4-1 dalam London Derby. Pekan berikutnya atau sebelum liga memasuki jeda karena pertandingan internasional, Chelsea kembali kemasukan empat gol. Kali ini, mereka bermain 4-4 saat menjamu Manchester City.

Namun saat menyambangi markas Newcastle, pasukan Mauricio Pochettino malah kembali menjadi bulan-bulanan tuan rumah. Mereka hanya mampu mencetak satu gol saat harus mengakui keunggulan The Magpies.

Rekor memalukan yang menjadikan Chelsea masih tertahan di peringkat 10 dengan poin 16. Sebaliknya, Newcastle yang memiliki poin 23 berhasil naik ke peringkat enam dengan menggeser Manchester United.

Di laga itu, Chelsea mengawalinya dengan baik meski kecolongan gol lewat Alexander Isak menit 13. Newcastle pun unggul lebih dulu. 

Chelsea berhasil menyamakan skor setelah striker Raheem Sterling mencetak gol lewat tendangan bebas di menit 23. Skor pun imbang 1-1 sampai akhir babak pertama.

Namun Newcastle langsung menghabisi Chelsea di babak kedua. Gol dari Jamaal Lascelles dan Joelinton yang tercipta secara berturut-turut menit 60 dan 61 langsung meruntuhkan mental pemain Chelsea.

Sundulan Lascelles menjadikan tuan rumah unggul 2-1. Selanjutnya, Joelinton memanfaatkan blunder bek Thiago Silva yang hendak melakukan back pass ke arah kiper Robert Sanchez.

Hanya umpan ke belakang yang terlalu lemah dari Thiago berhasil dimanfaatkan oleh Joelinton untuk memantapkan keunggulan The Toon Army.

Thiago sendiri yang sudah berusia 39 ini mencatat rekor sebagai pemain tertua Chelsea yang pernah dimainkan. Hanya, blunder eks pemain timnas Brasil ini membuat Chelsea ketinggalan gol menjadi 3-1.

Dalam posisi tertinggal, kapten Chelsea Reece James malah mendapat kartu kuning kedua yang disusul kartu merah di menit 73. Praktis Chelsea harus bermain dengan 10 orang.

Situasi itu dimanfaatkan dengan baik oleh tuan rumah. Newcastle memantapkan keunggulan menjadi 4-1 saat striker Anthony Gordon melakukan solo run sebelum membobol gawang Chelsea menit 83. Skor itu akhirnya bertahan sampai akhir laga.