Newcastle vs Leicester 4-2, Peluang Newcastle Selamat dari Degradasi Naik Drastis
Leicester vs Newcastle (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kemenangan Newcastle di laga Leicester vs Newcastle pekan ke-35 Liga Inggris di Stadion King Power, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB) menjadi penyelamat Newcastle dari ancaman degradasi. Kemenangan itu membuat Newcastle melompat ke urutan ke-13 dengan koleksi 39 poin sembari memperlebar jarak aman dari zona degradasi menjadi 12 poin.

Apabila Fulham yang menghuni posisi ke-18 gagal mengalahkan Burnley pada Senin, 10 Mei nanti, maka Newcastle secara resmi dipastikan aman dari ancaman degradasi. 

Sedangkan bagi Leicester (63), kekalahan itu membuat posisi mereka di tempat ketiga terancam disalip oleh Chelsea (61) yang baru main Sabtu malam ini melawan Manchester City, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Selain Joe Willock, Paul Dummett dan Callum Wilson yang mengemas gol-gol Newcastle, kemenangan tim besutan Steve Bruce itu tidak lepas dari penampilan gemilang kiper Martin Dubravka yang mencatatkan sedikitnya tujuh penyelamatan atas peluang Leicester sepanjang laga.

Dubravka sudah dipaksa melakukan penyelamatan atas tembakan dari tepian kotak penalti James Maddison pada menit keenam, sebelum Newcastle membuka keunggulan melalui gol Willock pada menit ke-22.

Berawal dari keteledoran Caglar Soyuncu, Willock mencuri bola di area pertahanan Leicester sebelum melepaskan tembakan silang yang tak mampu diantisipasi kiper Kasper Schmeichel.

Lantas keunggulan itu digandakan pada menit ke-34, melalui situasi sepak pojok yang diakhiri keberhasilan Dummett mengalahkan Wesley Fofana dalam duel udara untuk menanduk bola kiriman Matt Rittchie.

Dubravka melakukan dua penyelamatan penting lagi atas tembakan Kelechi Iheanacho dan Jamie Vardy untuk menjaga keunggulan 2-0 Newcastle hingga turun minum.

Leicester yang ngotot mencetak gol balasan membuat lini pertahanan mereka lengah dan pada menit ke-64 Timothy Castagne gagal memotong umpan jauh, membuat Wilson menggiring bola melewati Schmeichel dan menyarangkannya ke gawang tak bertuan demi menambah keunggulan Newcastle jadi 3-0.

Setelah Dubravka melakukan penyelamatan penting lain atas tembakan berbahaya Ayoze Perez, Newcastle kian menegaskan keunggulannya lewat gol kedua Wilson yang menyambar bola muntah hasil tembakannya sendiri yang sempat membentur tiang gawang pada menit ke-73.

Leicester akhirnya membalas tujuh menit kemudian melalui tembakan keras Marc Albrighton disusul gol Iheanacho tiga menit jelang bubaran.

Tetapi, Dubravka mencatatkan penyelamatan luar biasa atas tembakan jarak dekat Perez pada menit pertama injury time demi mengunci kemenangan Newcastle 4-2 atas Leicester.Setelah Newcastle vs Leicester, Newcastle akan bermain pada Jumat, 14 Mei pekan depan saat menjamu Manchester City di St. James Park.