Deportivo Alaves Benamkan Granada ke Zona Degradasi La Liga Spanyol
Pemain Deportivo Alaves saat merayakan go di pertandingan melawan Granada. (Twitter @Alaves)

Bagikan:

JAKARTA - Deportivo Alaves meraih kemenangan 3-1 atas Granada di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion de Mendizorroza, Sabtu, 25 November dini hari WIB. Alaves pun sukses membenamkan Granada ke zona degradasi.

Duel sesama tim promosi yang berbeda nasib. Alaves berhasil memenuhi target memperbaiki peringkat saat menjamu Granada.

Keberhasilan meraih tiga poin menjadikan tim yang promosi lewat jalur play-off ini naik ke papan tengah. Kini, Alaves menduduki peringkat 12 dengan poin 15 dan menjauh dari zona degradasi.

Sebaliknya Granada terancam kembali ke divisi dua. Tim promosi yang berstatus juara La Liga 2 ini berada di peringkat 19 atau satu strip dari bawah dengan poin tujuh.

Meski menjadi juara La Liga 2, Granada tampaknya tidak mampu bersaing saat naik kasta. Berbeda dengan Alaves dan Las Palmas yang mampu menghadapi persaingan ketat. Bahkan Las Palmas menembus peringkat delapan dengan poin 18.

Di laga melawan Alaves di kandangnya, Granada kehilangan striker andalan Bryan Zaragoza yang terpaksa absen karena suspended.

Tanpa Zaragoza, lini depan Granada seperti tanpa taji dan sama sekali tak pernah mengancam gawang Alaves.

Pertandingan baru berjalan 11 menit, gawang tim tamu sudah kebobolan akibat gol bunuh diri Raul Torrente yang sesungguhnya berusaha membuang bola saat mengadang umpan silang Abde Rebbach. Sayangnya, upaya dia malah membuat bola meluncur ke gawang sendiri.

Selanjutnya, Alaves memperbesar keunggulan. Kali ini, Rebbach yang memantapkan keunggulan tuan rumah di menit 38. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Alaves dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Alaves tetap tampil dengan tempo tinggi. Meeka bermain agresif dan berusaha menambah gol. Hasilnya pun tak sia-sia.

Sundulan eks pemain depan Granada Samu Omorodion sukses menembus gawang klub lama di menit 55.

Granada hanya bisa memperkecil ketinggalan lewat penalti Myrto Uzuni di menit 86. Penalti diberikan setelah Famara Diedhiou dijatuhkan di kotak terlarang. Skor berubah menjadi 3-1 untuk Alaves.

"Kami tahu ini pertandingan penting. Dan, kami bermain secara brilian. Baik 11 pemain maupun mereka yang menjadi pengganti bermain sangat bagus," kata Omorodion menanggapi kemenangan tim.

"Saya bermain bagus belakangan ini. Saya tahu bakal mencetak gol, tetapi saya tak melakukan selebrasi karena Granada sudah memberikan semuanya kepada saya. Dan saya bisa di sini karena mereka. Jadi saya mengucapkan terima kasih kepada Granada," ucapnya.