Bagikan:

JAKARTA - "Kami ingin menjadi juara," jawab Lazizbek Mirzaev lantang selepas Uzbekistan U-17 menghancurkan Inggris U-17 pada babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu, 22 November 2023.

Hari itu dan JIS jadi saksi bagaimana keajaiban Mirzaev menggiring Uzbekistan U-17 mengalahkan kandidat juara sekaligus tim besar Inggris U-17.

Gol tendangan bebas Mirzaev dari jarak 20 meter menjadi kunci kemenangan Serigala Putih, julukan Uzbekistan U-17. Sekaligus, menjadi bahan perbincangan menarik.

Mirzaev tak hanya aktor penting pengubur mimpi Inggris U-17, tapi juga sosoknya yang menginspirasi rekan setim untuk membawa Uzbekistan U-17 melangkah lebih jauh di Piala Dunia U-17 2023.

Kepemimpinan sebagai kapten Uzbekistan U-17, jiwa nasionalisme, kualitas teknis, mimpi, dan etos kerja bisa dikedepankan jika bicara sosok Mirzaev.

Dia mentransfer semua energi positif kepada koleganya. Mirzaev memimpin Serigala Putih untuk pantang menyerah meski terseok di fase grup.

Kalah 0-3 dari Mali U-17 tak menghentikan ambisi sebagai kuda hitam yang masuk perburuan gelar juara.

Mereka lantas bangkit di laga kedua Grup B. Comeback dua kali dari Spanyol U-17 pada partai yang berakhir 2-2 menjadi bukti.

Terakhir, Uzbekistan U-17 melumat Kanada U-17 tiga gol tanpa balas untuk memastikan tiket 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Kebangkitan Serigala Putih begitu terasa di awal babak gugur. Pembuktian terwujud. Mereka menaklukkan raksasa Inggris U-17.

Semua itu atas komando Mirzaev yang berapi-api ingin membawa negaranya terbang tinggi di Piala Dunia U-17 2023.

“Kami bermain untuk rakyat kami, untuk seluruh Uzbekistan. Ini memberi kami motivasi nyata. Kami senang mewakili negara kami."

"Kami akan melakukan segalanya untuk menjadi juara di sini. Kami memberikan yang terbaik melawan Inggris U-17 dan itulah yang akan kami lakukan lagi di tahap berikutnya,” kata Mirzaev di laman FIFA.

"Tentu hasil ini (perempat final) menambah semangat dan motivasi kami untuk menciptakan sejarah baru lagi."

"Kami berniat untuk menjadi juara di turnamen ini, tapi sebelum itu kami harus berusaha sebaik mungkin untuk memenangi laga selanjutnya," tutur Mirzaev.

Jiwa kepemimpinan dan mental Mirzaev berperan penting dalam perubahan tim. Dari tim semenjana menjadi kuda hitam penakluk raksasa. Dari tim tak diperhitungkan menjad tim kandidat perebutan gelar.

“Sebagai seorang kapten, Anda harus membantu tim Anda di masa-masa sulit. Anda harus kuat secara psikologis."

"Saya selalu mencoba yang terbaik untuk melakukan itu. Saya bermimpi mencetak gol kemenangan di pertandingan besar seperti ini (vs Inggris U-17. Sungguh menakjubkan."

“Ini adalah panggung besar. Saya memberikan seluruh penampilan saya untuk rekan satu tim saya. Saya merasa sangat positif,” ujar pemain kelahiran Tashkent itu.

Mirzaev hanya berusaha mewujudkan mimpinya. Mimpi mengikuti jejak idolanya, Cristiano Ronaldo.

Nomor punggung 7 juga sudah menjadi ciri khasnya. Ban kapten sudah melingkar di lengan kirinya bersama Uzbekistan U-17.

Kualitas kepemimpinan, dribel, akselerasi, tendangan bebas, hingga etos kerja memang mengikuti langkah Ronaldo.

Kini, dia tinggal berjuang di jenjang karier berikutnya. Menjawab prediksi banyak orang bahwa dia bisa sukses seperti CR7, bermain di liga top Eropa.

Saat ini, Mirzaev sudah mendapat kontrak profesional bersama Lokomotiv Tashkent yang tampil di Uzbekistan Pro League, kompetisi level kedua.

Dia memang belum tampil reguler di klub. Baru mendapatkan satu penampilan pada 2022, sekaligus debut profesionalnya. Saat itu, Lokomotiv Tashkent masih bermain di Uzbekistan Super League, kompetisi level tertinggi.

Tahun ini, penampilannya meningkat. Dia sudah enam kali bermain di liga. Mirzaev tengah berjuang membawa Lokomotiv Tashkent kembali promosi ke Super League.

Penantian masih panjang menuju level senior. Namun, melihat potensi yang dimiliki Lazizbek Mirzaev, kans mewujudkan mimpi-mimpinya terbuka lebar.

Kelak, bukan tidak mungkin nomor 7 akan menjadi identitas pasti milik Mirzaev, baik di level klub profesional maupun timnas senior, yang mana saat ini dia hanya mendapat pilihan nomor 77 bersama Lokomotiv Tashkent.

Tantangan terdekat, Mirzaev dan kolega akan kembali menghadapi raksasa, Perancis U-17. Jika mereka bisa menumbangkan Les Bleus, predikat penakluk tim kuat bakal kian nyaman melekat kepada Uzbekistan U-17.

Data Diri Lazizbek Mirzaev

Tanggal Lahir: 5 October 2006

Tempat Lahir: Tashkent, Uzbekistan

Posisi: Midfielder

Klub Profesional

2022-sekarang Lokomotiv Tashkent

Karier Junior

2019–2021 Odil Ahmedov FA

2022 Lokomotiv Tashkent

Karier Timnas

2021 Uzbekistan U-15

2021–2022 Uzbekistan U-16

2022–sekarang Uzbekistan U-17