Hasil Piala Dunia U-17 2023: Mengejutkan, Inggris U-17 Tumbang di Tangan Uzbekistan U-17
Uzbekistan U-17 tampil mengejutkan dengan menekuk Inggris U-17 di 16 besar Piala Dunia U-17 2023 (dok. FIFA).

Bagikan:

JAKARTA - Babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 menghadirkan kejutan besar, Uzbekistan U-17 berhasil lolos ke babak perempat final setelah mengalahkan Inggris U-17.

Pada pertandingan yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu, 22 November 2023 sore WIB, Uzbekistan U-17 berhasil menang 2-1 dari Inggris U-17.

Tim asuhan Jamoliddin Rakhmatullaev bahkan bisa tampil menekan sejak awal laga dan membuka angka lebih dulu saat laga baru berjalan empat menit.

Muntahan bola yang ditendang Lazizbek Mirzaev bergerak liar ke arah gawang dan Amirbek Saidov bisa mengkonversikan menjadi gol. 

Keunggulan cepat White Wolf, julukan Uzbekistan U-17, membuat The Three Lions kaget. Inggris U-17 yang tengah mencari ritme permainan langsung merespons.

Mereka mulai sering melakukan tekanan demi menciptakan gol penyeimbang. Namun, gol yang dinanti baru tercipta pada menit ke-35.

Skor berubah menjadi 1-1 setelah umpan terobosan Chris Rigg berhasil dimaksimalkan Joel Ndala. Ndala dengan tenang melepaskan tembakan ke tiang jauh yang memperdaya kiper Sobirov.

Selepas skor sama kuat, kedua tim terlibat pertarungan sengit, terlebih pada babak kedua. Mereka bermain terbuka dengan sama-sama melancarkan serangan.

Meski begitu, Inggris U-17 lebih memegang kendali dengan menguasai total 61 persen bola. Beberapa peluang lahir, tapi tak ada yang berujung manis.

Malah, Uzbekistan U-17 bisa mencuri kesempatan dengan skema serangan balik. Berawal dari pelanggaran pemain Inggris U-17 sedikit di luar kotak penalti pada menit ke-67, White Wolf mendapat sepakan bebas.  

Peluang itu tak disia-siakan Mrizaev. Tendangan bebas langsungnya meluncur deras ke sudut kiri atas gawang Three Lions yang sulit dijangkau Setford.  

Skor berubah 2-1 untuk Uzbekistan U-17. Inggris U-17 lumayan panik melihat situasi kembali tertinggal, apalagi waktu tinggal menyisakan 20 menit.

Mereka kian gencar membombardir pertahanan lawan. Ritme serangan yang tengah dibangun Three Lions sempat rusak menjelang laga berakhir. 

Pelatih Uzbekistan U-17, Jamoliddin Rakhmatullaev, diusir wasit karena bertindak tidak sportif dengan menendang bola di area teknik saat para pemain Inggris U-17 menghampiri untuk mengambil bola tersebut.

Kejadian itu sempat diwarnai keributan, tapi tak berlangsung lama. Laga kemudian dilanjutkan dan Inggris U-17 tetap tidak bisa menambah gol.

Hingga wasit meniup peluit panjang skor 2-1 untuk Uzbekistan U-17 bertahan. White Wolf keluar sebagai dan berhak lolos ke perempat final Piala Dunia U-17 2023.