Soal Kericuhan di Pengujung Laga, Pelatih Inggris U-17 Buka Suara
Joel Ndala gagal bawa Inggris U-17 lolos ke perempat final Piala Dunia U-17 2023 (dok. FIFA).

Bagikan:

JAKARTA - Insiden terjadi di pengujung laga Inggris U-17 vs Uzbekistan U-17 pada babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Pelatih Inggris, Ryan Garry, memberikan komentar atas situasi yang melibatkan anak asuhnya di lapangan.

Pada pertandingan yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu 22 November 2023 sore, Uzbekistan U-17 tampil mengejutkan dengan lolos ke babak perempat final setelah menang 2-1.

Sebelum laga berakhir, pelatih Uzbekistan U-17, Jamoliddin Rakhmatullaev, terlibat gesekan dengan anak asuh Ryan Garry. Momen ini terjadi ketika pertandingan sudah memasuki injury time babak kedua.

Ketika itu, The Young Lions tengah berupaya membangun serangan Namun, malah terpancing emosinya saat bola yang keluar lapangan ditendang oleh Jamoliddin Rakhmatullaev yang tengah berdiri di depan bench.

Melihat situasi panas terjadi, Jayden Meghoma sontak mengonfrontasi aksi itu dengan menghampiri juru taktik lawan ke pinggir lapangan. Pemain Inggris U-17 lain pun langsung mengikuti langkah rekannya.

Wasit lantas turun tangan guna menengahi situasi sekaligus memberi masing-masing kartu merah dan kartu kuning buat Rakhmatullaev serta Meghoma.

Pelatih Inggris U-17, Ryan Garry, angkat bicara soal situasi itu setelah laga usai. Ia mengaku tak terlalu menyaksikan kejadian itu, tetapi merasa khawatir akan kondisi para pemain.

“Saya tidak benar-benar melihat (kejadian itu). Saya pikir itu karena ada dua tim yang sedang benar-benar putus asa untuk meraih kemenangan. Saya tidak yakin dengan keputusan wasit, tetapi ini bukan hak saya untuk memberi komentar,” ujar Garry saat ditemui awak media di mixed zone.

“Saya tidak secara jelas melihat (insiden itu). Namun, saya hanya merasa khawatir dengan kondisi para pemain (saat itu) yang mana kami masih berusaha untuk melanjutkan permainan. Kalau tidak salah masih ada sisa dua menit lagi (saat insiden terjadi). Jadi, saya hanya fokus pada dua menit itu," tambahnya.

Akibat kejadian tersebut, Uzbekistan U-17 dipastikan tak bakal didampingi pelatih Jamoliddin Rakhmatullaev saat bermain di perempat final Piala Dunia U-17 2023.

Tim asal Asia Tengah itu dijadwalkan bersua Perancis U-17 di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu 25 November 2023.