Bagikan:

JAKARTA - Laga Dewa United vs Persib Bandung di Indomilk Arena, Tangerang, pada Minggu, 26 November 2023, berakhir ricuh.

Suporter Maung Bandung, Bobotoh, tetap hadir dan memaksa masuk ke stadion. Padahal, laga tersebut sudah diberitahukan dihelat tanpa penonton.

Alhasil, benturan antara Bobotoh dan pihak kepolisian tak terelakkan. AKibatnya, delapan polisi dan empat Bobotoh mengalami luka-luka. Sebanyak 25 Bobotoh juga diamankan pihak kepolisian.

Melihat insiden itu, pelatih Persib, Bojan Hodak, buka suara. Arsitek asal Kroasia itu sejatinya berharap pertandingan sepak bola berjalan aman dan nyaman.

Namun, tampaknya harapannya masih jauh. Bojan menilai penonton sepak bola di Indonesia masih perlu diedukasi agar bisa bersikap dan bertindak lebih baik saat berada di dalam maupun luar stadion.

"Satu hal yang perlu diberikan kepada suporter di sini adalah edukasi. Sama halnya bagi pemain dan pelatih, mereka harus teredukasi," kata Bojan di lama resmi klub.

Bojan lebih lanjut mengatakan sudah seharusnya orang-orang yang datang ke stadion itu bersama keluarga untuk menikmati sepak bola. Mereka datang untuk mengisi akhir pekan dengan nyaman dan aman.

"Ini harus menjadi akhir pekan yang indah bersama anak-anak atau teman-teman. Jadi, itu harus mulai diedukasi sejak masih muda dan jangan membuat ulah di stadion. Sudah seharusnya stadion dipenuhi suporter karena itu yang pemain inginkan," ucapnya.