Preview Inggris U-17 vs Uzbekistan U-27: Tantangan Hadapi Tim Produktif
Inggris U-17 akan menemui hambatan serius di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 (dok. FIFA).

Bagikan:

JAKARTA - Inggris U-17 akan menghadapi Uzbekistan U-17 di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Laga ini justru akan menjadi tantangan besar bagi The White Wolves, julukan Uzbekistan U-17, yang lolos berkat status peringkat tiga terbaik.

Pertemuan kedua tim akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS), pada Rabu 22 November 2023 pukul 15.30 WIB. Pada laga itu Inggris U-17 punya modal mumpuni karena berstatus juara Grup C yang mengantongi enam poin.

Dengan langkah mulus hingga babak 16 besar, The Young Lion punya misi besar untuk merebut tiket ke babak delapan besar. Mereka juga percaya diri karena tercatat sebagai tim paling produktif di fase grup dengan torehan total 13 gol.

Namun, 10 dari total 13 gol milik Inggris U-17 itu tercipta ke gawang Kaledonia Baru U-17 yang notabene tim terlemah di Grup C. Ketajaman The Young Lions justru kurang terlihat ketika menghadapi lawan yang lebih kuat.

Inggris U-17 hanya menang tipis 3-2 atas Iran U-17 di matchday kedua Grup C. Mereka lalu tumbang di tangan Brasil U-17 dengan skor 1-2 pada pertandingan terakhir grup.

Jika tidak segera membenahi tren performa tersebut, Inggris U-17 bakal mendapat perlawanan sengit dari Uzbekistan U-17 untuk memperebutkan tiket ke delapan besar.

Kubu Uzbekistan U-17 bisa saja mengancam pergerakan Inggris U-17. Hanya saja, mereka dihadapkan fakta bahwa secara kualitas jauh di bawah sang lawan.

Lolos fase grup lewat jalur peringkat ketiga terbaik bukanlah prestasi yang mencolok. Karena itu, The White Wolves sadar perlunya meningkatkan kualitas tim dan memiliki semangat juang tinggi. Selain itu, Uzbekistan U-17 memerlukan strategi khusus meredam The Young Lions.

"Ya, setiap pertandingan terasa seperti final buat kami, hingga sampai babak final yang sesungguhnya. Hal itu sangat penting buat kami. Saya percaya kami akan menang dan menyingkirkan Inggris U-17." 

"Inggris U-17 memang tim yang kuat, tetapi kami akan memenangi pertandingan ini dan melaju terus di babak gugur. Mereka memang memiliki pemain yang luar biasa secara tim maupun individu. Kami respek kepada mereka."

"Salah satu tim yang paling populer dan terbaik di dunia. Namun, seperti saya katakan, kami sudah memiliki rencana. Tentu kami akan menerapkan rencana tersebut untuk memenangi pertandingan ini," ucap pelatih Uzbekistan U-17, Jamoliddin Rakhmatullaev.

Terlepas dari strategi khusus, tampaknya Uzbekistan U-17 benar-benar ingin memiliki keunggulan tersendiri. Aspek yang menjadi sorotan Jamoliddin ialah kebugaran pemain.

Ia yakin waktu pemulihan anak asuhnya sangat cukup sehingga bakal tampil prima melawan The Young Lions.

"Kami punya cukup waktu untuk recovery. Itu makanya kami tidak akan melakukan banyak rotasi. Hanya akan ada pergantian di beberapa posisi saja untuk penguatan tim," katanya.

Sebagai upaya meredam Inggris U-17, Uzbekistan U-17 bisa memanfaatkan kehadiran pemain andalan di sektor depan, yaitu Amir Saidov. Dia biasa menempati posisi ujung tombak dalam formasi 4-2-3-1.

Sejauh ini kepercayaan yang diberikan Jamoliddin Rahkmatullaev selaku pelatih selalu dibayar Amir dengan baik. Ia tercatat telah membukukan total tiga gol.

Torehan Amir Saidov membuatnya masuk dalam jajaran pencetak gol terbanyak Piala Dunia U-17 2023. Ia hanya tertinggal satu gol dari pimpinan sementara, Kaua Elias (Brasil U-17) dan Rento Takaoka (Jepang U-17).

Peluang menambah gol masih terbuka lebar sebab Amir diprediksi akan menambah pundi gol ketika melawan Inggris U-17 di babak 16 besar. Apalagi jika Uzbekistan U-17 sukses meredam agresivitas sang lawan.