Wakil Komite Wasit PSSI Sebut Wasit Indonesia Perlu Pembenahan Fisik
Yoshimi Ogawa, Wakil Ketua Komisi Wasit PSSI, ungkapkan kekurangan wasit Indonesia (dok. Ulfa Gusti/VOI.ID).

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa, mengungkap fakta bahwa pengadil lapangan di Indonesia masih perlu pembenahan. Pria asal Korea Selatan itu menyebut faktor yang perlu dibenahi salah satu terpenting ialah kondisi fisik.

Katanya faktor kekuatan fisik menjadi hal penting dalam menopang kinerja wasit di lapangan. Hal ini disampaikan Ogawa setelah agenda diskusi dengan media di Jakarta Selatan pada Senin, 20 November 2023.

“Bulan Juni 2023 saya datang ke sini untuk mengamati tes kebugaran (wasit), tapi tanpa latihan praktik. Tingkat kebugaran beberapa wasit sudah cukup baik, tapi beberapa wasit perlu ditingkatkan," kata Yoshini Ogawa usai diskusi.

“Mungkin lebih dari 50 persen wasitnya bagus. Namun, sisanya, terkait dengan wasit Liga 1 dan Liga 2, seharusnya kebugarannya ditingkatkan,” lanjutnya.

Melihat masalah fisik yang terjadi di kalangan para wasit, Yoshimi Ogawa tak tinggal diam. Ia datang dengan beberapa program khususnya untuk meningkatkan fisik. Selain itu, kehadirannya juga untuk memberikan materi terbaru mengenai LOTG alias Laws of The Games.

“Kami akan melanjutkan program dukungan seperti ini kepada wasit dan asisten wasit. Tentunya mereka akan meningkatkan itu,” jelasnya.

“Khususnya hari ini, saya berbagi dengan Anda (awak media) bagaimana kami dapat menganalisis kinerja mereka, bagaimana kami dapat memberikan masukan kepada mereka.”

“Lalu, berdasarkan masukan tersebut, bagaimana mereka bisa meningkatkannya (materi) untuk pertandingan berikutnya,” jelas Yoshimi.

Meski menyampaikan masukan soal kekurangan yang terjadi di lingkup wasit Tanah Air, Yoshimi Ogawa juga meminta agar diberikan waktu untuk berproses lebih baik.

“Ini sangat penting makanya saya tidak bisa bilang (soal performa), tolong beri kami waktu untuk melihat peningkatannya,” pungkasnya.