Spanyol Tutup Kualifikasi Euro 2024 dengan Kemenangan 3-1 atas Georgia
Spanyol menyelesaikan kampanye kualifikasi Euro 2024 mereka dengan kemenangan 3-1 atas Georgia. (foto: x @SEFutbol ·)

Bagikan:

JAKARTA - Spanyol menyelesaikan kampanye kualifikasi Euro 2024 mereka dengan kemenangan 3-1 atas Georgia. Mereka sudah lolos ke turnamen tahun depan di Jerman sebelum pertandingan ini. Namun dala laga tersebut, Spanyol masih tetap mendominasi melalui gol di menit awal oleh Robin Le Normand.

Tuan rumah unggul hanya empat menit setelah Torres menyodorkan tendangan bebas ke kotak, untuk mencapai Le Normand yang menanduk bola masuk di tiang belakang.

Kemudian mereka memiliki peluang bagus lainnya ketika Dani Carvajal berlari ke kanan untuk memberikan umpan ke Gavi di tengah, dan gelandang Barcelona itu memaksa penyelamatan hebat dari Giorgi Mamardashvili yang membuang bola dari sudut atas gawang.

Georgia sempat menyentak pada menit ke-10 ketika Giorgi Chakvetadze mengirimkan umpan fantastis kepada Kvaratskhelia, yang menahan dua bek untuk menggulung bola melewati kaki Unai Simon yang terjulur dan masuk ke gawang, yang membuat kedudukan 1-1.

Spanyol terus mengancam kotak Georgia dan mendekati gol pada menit ke-22 ketika Mamardashvili terpaksa membuat penyelamatan cemerlang di tiang kirinya dari tendangan bebas in-swinging Fabian Ruiz.

Namun, Spanyol mendapat pukulan besar beberapa saat kemudian ketika Gavi keluar lapangan karena cedera.

Peluang Spanyol yang brilian muncul kembali pada menit ke-32 ketika umpan rendah melengkung Torres dari kanan menemukan Alvaro Morata di kotak enam yard dan penyerang Atletico Madrid itu melepaskan tembakan langsung, tetapi Mamardashvili menolaknya dengan blok bagus.

Spanyol menyerang awal di babak kedua ketika Rodri melepaskan tembakan lurus ke gawang dan mereka mengancam lagi ketika Torres menemui gelandang Manchester City tersebut, tetapi Mamardashvili dapat menggagalkan sundulan kuat itu.

Spanyol akhirnya mendapatkan tambahan gol pada menit ke-55 ketika Jose Luis Gaya mengirimkan umpan chip ke Torres di tengah kotak, dengan sundulannya melambung melewati Mamardashvili ke sudut kanan, dan dia merayakannya dengan mengangkat kaus Gavi.

Permainan bagus di sepanjang sisi kiri membuat Gaya terus mengancam dengan umpan silang berbahaya lainnya, sayang sundulan Morata melebar. Beberapa saat kemudian keunggulan Spanyol ditambah ketika Lochoshvili menyundul umpan silang Lamine Yamal ke gawangnya sendiri pada menit ke-72.

Georgia menyerang dan Kvaratskhelia memiliki tembakan yang diblok oleh pertahanan Spanyol dan tuan rumah memiliki peluang lain ketika Oihan Sancet melebar di atas mistar gawang.