Bagikan:

JAKARTA - Inggris tidak turun dengan skuat terbaik saat menang 2-0 atas Malta di pertandingan Grup C kualifikasi Euro 2024 di Stadion Wembley, Sabtu, 18 November dini hari WIB.

Inggris sudah lolos ke Jerman dan mereka hanya menghadapi tim lemah Malta saat tampil di kandang sendiri. Meski demikian manajer Gareth Southgate tidak sepenuhnya melakukan rotasi pemain.

Kapten Harry Kane menjadi starter di laga formalitas itu. Pemain depan Manchester United Marcus Rashford yang mengalami penurunan performa di klub juga mendapat kesempatan masuk starting line up.

Dirinya bahu-membahu dengan Phil Foden untuk men-support Kane yang kembali berperan sebagai centre forward.

Kiper Jordan Pickford pun tetap menjadi pilihan pertama . Buntutnya, kiper ketiga Sam Johnstone tetap duduk di bench. Pickford pun dibentengi bek andalan seperti Harry Maguire, Kieran Trippier dan Trent Alexander-Arnold.

Artinya skuat Inggris memang tak banyak berubah. Namun dengan kekuatan nyaris 'full', mereka malah hanya menang dua gol. Padahal di laga pertama di kandang Malta, mereka membantai lawannya 4-0.

Berapa pun gol kemenangan itu, The Three Lions meraih enam kemenangan berturut-turut di babak kualifikasi. Mereka mengantungi poin 19 dan tetap bertengger di puncak klasemen.

Dalam pertandingan itu, Inggris yang menghadapi lawan yang tak pernah meraih poin sepenuhnya menguasai permainan.

Bahkan ball possession mereka mencapai 80% yang menunjukkan Malta hanya bisa bertahan menghadapi permainan ofensif tuan rumah.

Tekanan dari Inggris sejak menit pertama sudah membuat Malta kesulitan mengembangkan permainan. Hasilnya pertandingan baru berjalan sembilan menit bek tengah Enrico Pepe membuat gol bunuh diri saat hedak membuang bola.

Skor cepat 1-0 dari Inggris. Hanya Kane dkk kemudian kesulitan memperbesar keunggulan. Meski menguasai permainan tetapi tidak ada satu pun peluang yang bisa dikonversi menjadi gol. Skor itu pun bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Inggris tak menurunkan tempo permainan. Mereka menguasai permainan dan gelandang Jordan Henderson menjadi motor tim.

Namun Southgate kemudian menarik Henderson untuk digantikan Declan Rice di menit 61.

Di saat bersamaan, Rashford ditarik digantikan Cole Palmer dan bek Kyle Walker digantikan Conor Gallagher. Masuknya Palmer menjadikan dia melakukan debut di timnas Inggris. Dirinya menjadi pemain ke-60 yang melakoni debut selama Inggris di bawah Southgate.

Pergantian pemain menjadikan tim Inggris lebih bugar. Hasilnya serangan mereka pun memberi hasil positif.

Di menit 75, Kane sukses menjebol gawang Malta. Striker Bayern Munchen ini menyambut assist dari Buyako Saka yang menjadikan skor berubah 2-0.

Hanya berselang satu menit, Rice sudah memperbesar keunggulan Inggris. Namun wasit menghentikan pertandingan dan meninjau insiden sebelum terjadinya gol lewat VAR.

Hasilnya, Kane dinyatakan offside dan gol Rice dibatalkan. Skor pun tak berubah karena tidak ada lagi gol yang tercipta. Inggris pun unggul 2-0 sampai akhir laga.

Inggris menutup babak kualifikasi dengan melakoni laga tandang melawan Makedonia Utara, Selasa, 21 November dini hari WIB.