Bagikan:

JAKARTA - Meskipun memiliki satu poin lebih sedikit di Liga Inggris setelah 12 pertandingan dibanding musim lalu, Manchester City diprediksi tetap menjadi favorit kuat untuk meraih gelar keempat berturut-turut oleh analis data Opta Analyst .

Para ahli statistik di Opta Analyst telah meramalkan posisi akhir setiap dari 20 tim pada akhir musim berdasarkan 10.000 simulasi kampanye 2023-24, dengan mempertimbangkan performa dan jadwal pertandingan yang tersisa, yang dimasukkan ke dalam superkomputer.

Dari cara tersebut prediksi untuk tim Pep Guardiola terlihat cerah, sementara Burnley menghadapi situasi yang mengkhawatirkan.

Menurut Opta Analyst, City memiliki probabilitas 84,6% untuk meraih trofi lagi, sementara Liverpool hanya diberi peluang 9,1%, dan Arsenal, runner-up musim lalu, dengan 5,6%.

Kekalahan berturut-turut bagi Tottenham Hotspur, menurut Opta, membuat peluang mereka meraih gelar hampir tidak mungkin dengan 0,3%, sama dengan Aston Villa.

Manchester United, saat ini di posisi keenam, diprediksi akan finis ketujuh dan hanya memiliki peluang 5,9% untuk masuk empat besar, meskipun angka tersebut naik sedikit akhir-akhir ini.

Newcastle United memiliki 25% peluang untuk finis dalam empat besar untuk kedua kalinya secara beruntun, sementara Chelsea diprediksi finis di posisi kesembilan.

Perhitungan Opta juga menunjukkan bahwa tiga tim terbawah, yang semuanya promosi musim lalu, kemungkinan akan terdegradasi, dengan Burnley di posisi ke-20 diberi peluang 86,9% untuk terdegradasi.