Bagikan:

JAKARTA - Aprilia dipaksa menarik sistem kopling semi-otomatis yang telah mereka gunakan sebelum Grand Prix Australia. Ini dilakukan setelah adanya keluhan dari produsen MotoGP pesaing.

Maverick Vinales mengeluh pada Kamis 9 November Jelang  Grand Prix Malaysia bahwa ia tidak bisa lagi menggunakan sistem peluncuran terbaru yang diperkenalkan oleh merek Noale.

"Itu merugikan kami. Tapi saya tidak bisa mengatakan lebih banyak," kata pembalap asal Spanyol itu.

Sementara ofisial tim Aprilia memilih tutup mulut tentang hal itu: "Kami dilarang berbicara tentang ini."

Keluhan dari produsen saingan telah memaksa Aprilia untuk berhenti menggunakan spesifikasi kopling terbaru yang telah diintegrasikan ke dalam RS-GP sejak Grand Prix Australia.

Sistem ini membantu meningkatkan kemampuan awal Aprilia, setelah  Vinales  dan Espargaro sempat kesulitan di awal musim.

Beberapa sumber yang dikonsultasikan mencurigai bahwa keluhan berasal dari KTM, yang berpendapat bahwa versi kopling yang disorot melanggar peraturan teknis, karena operasinya terlalu bergantung pada unit kontrol elektronik.

Sebenarnya, ini adalah area peraturan yang saat ini sedang dalam peninjauan, karena memiliki beberapa area abu-abu.

Pada awalnya, manajer teknis lomba memberikan lampu hijau pada komponen tersebut, karena menganggapnya tidak bekerja sepenuhnya otomatis, tetapi memerlukan input pembalap.

"Kamu hanya perlu melihat video bagaimana Aprilia keluar, untuk memahami bahwa itu adalah kopling otomatis, seperti yang digunakan oleh Formula 1," jelas seorang insinyur lintasan di paddock Sepang seperti dikutip VOI dari Motorsport.com.

Yang paling mengejutkan dari kasus ini adalah bahwa, sejak awal musim, KTM telah mengembangkan sistem kopling baru di RC16 mereka yang telah memungkinkan mereka membuat lonjakan besar.

Sistem yang diperkenalkan oleh KTM pada bulan Juni memungkinkan RC16 menjadi motor terbaik dalam peluncuran di grid.

"Sungguh luar biasa bahwa Binder memulai dari baris keempat dan di tikungan pertama dia memimpin balapan, hal tersebut perlu benar-benar diselidiki," kata seorang teknisi berpengalaman dari Aprilia.

Setelah adanya keluhan dari para pembalapnya tentang masalah saat memulai di grid, Aprilia merancang kopling yang,  tidak otomatis tetapi bekerja seolah-olah otomatis, yang menyebabkan keluhan tersebut dan penarikan sistem tersebut.

KTM, selain mengeluh tentang kopling Aprilia, meminta komisi teknis untuk memodifikasi peraturan saat ini agar kopling mereka sendiri bisa dihomologasikan, yang bekerja sangat mirip dengan kopling Aprilia.

Sementara itu, pabrikan Austria secara sukarela menghapus sistem tersebut dari motor mereka dalam balapan terakhir di Thailand, menunggu kemungkinan modifikasi peraturan yang akan memungkinkan mereka menggunakannya lagi.

Sementara Aprilia dan KTM tidak dapat menggunakan kopling baru mereka, Ducati, yang merupakan produsen yang mulai bekerja dengan sistem gesekan berbantuan karbon dan elektronik tiga tahun lalu, saat ini memiliki perangkat peluncuran terbaik dan tercepat di grid MotoGP.