MotoGP Coret Tim Satelit CryptoDATA dari Musim 2024 karena Pelanggaran Berulang
CryptoDATA, tak lagi membalap di musim 2024. (foto: x @rnfracingteam)

Bagikan:

JAKARTA - MotoGP memutuskan untuk mengeluarkan tim satelit yang terafiliasi dengan Aprilia, CryptoDATA, dari kejuaraan tahun 2024 pada Senin 27 November karena dituduh telah melakukan pelanggaran berulang terhadap perjanjian partisipasi.

Dalam sebuah pernyataan, MotoGP menyebutkan bahwa keputusan ini diambil oleh komite seleksi MotoGP yang melibatkan perwakilan dari badan pengatur FIM, organisasi tim IRTA, dan pemegang hak Dorna.

"Komite Seleksi akan meninjau aplikasi untuk tim independen baru, yang menggunakan mesin Aprilia, untuk bergabung dengan grid kelas MotoGP untuk tahun 2024," tambah pernyataan tersebut.

Sayang, tidak ada rincian yang diberikan tentang "pelanggaran dan pelanggaran berulang" tersebut.

Tim CryptoDATA RNF didirikan pada tahun 2021 oleh mantan bos Sirkuit Sepang Malaysia, Razlan Razali, setelah sponsor Petronas menarik diri dari tim Yamaha Sepang yang sebelumnya telah memenangkan beberapa balapan.

Mereka bersaing tahun ini dengan motor Aprilia dan pembalap Portugal Miguel Oliveira serta pembalap Spanyol Raul Fernandez.

Razali, pemegang saham sebesar 40%, di mana perusahaan blockchain Romania, CryptoDATA, memiliki sisanya. Ia mengumumkan sebelum balapan penutup musim di Valencia akhir pekan lalu bahwa ia akan meninggalkan tim.

Situs web The Race melaporkan bahwa tim Trackhouse Racing milik NASCAR -- yang dimiliki bersama oleh rapper Pitbull -- diperkirakan akan mengambil alih tempat di grid untuk tahun depan dengan menggunakan motor Aprilia dan personel yang sudah ada.