Bagikan:

JAKARTA - Setelah resmi ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah, Indonesia langsung berbenah dan bersolek menyambut Piala Dunia U-17 yang digelar di empat kota yaitu, Jakarta, Bandung, Solo dan Surabaya.

Selain persiapan lapangan dan venue untuk pertandingan yang berlangsung pada 10 November -2 Desember, Piala Dunia U-17 2023 tak lepas dari sosok Bacuya sebagai Maskot ikonik yang selalu hadir dalam setiap kemeriahan menyambut Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. 

PSSI  memilih badak bercula satu sebagai sosok maskot yang kemudian diberi nama Bacuya. Bacuya sendiri merupakan singkatan dari Badak Cula Cahaya.

Badak bercula ini mengacu pada hewan asli Indonesia yang hampir punah. Bacuya diharapkan dapat berperan penting dalam mengajak masyarakat untuk datang ke stadion melihat para pesepak bola muda berkompetisi.

Dikutip dari laman Kemenpora, sosok Bacuya  digambarkan sebagai badak Jawa muda yang sangat pemalu dan pendiam. Terlepas dari karakteristik ini, rasa ingin tahu Bacuya memaksa untuk berlari dengan tabah ke lapangan seperti ingin mencari sesuatu.

Nuansa rumput hijau memotivasinya sampai dia menemukan sepak bola. Tiba-tiba sesuatu yang luar biasa terjadi, karena tanduk Bacuya yang merupakan mercusuar kemudian menyala dengan warna-warna baru dan momen ini yang mengubah Bacuya.

Setiap kali Bacuya bermain sepak bola dengan seseorang, tanduknya akan bersinar lebih terang. Energi yang diberikan sepak bola kepada orang-orang sama dengan energi yang menerangi Bacuya.

Bacuya adalah pembela, sosok ini memperjuangkan hak anak muda untuk bersenang-senang dan berekspresi. Dia adalah penjaga talenta muda dan mercusuar untuk masa depan sepak bola dan siap bangkit bersama generasi baru.

Bacuya digambarkan sebagai badak berwarna kecoklatan dan mengenakan jersey merah putih yang jadi identitas asal Bacuya yang berasal dari Indonesia. 

Di kostum yang digunakan Bacuya juga terlihat nomor punggung 23 yang merepresentasikan tahun digelarnya Piala Dunia U-17 yaitu 2023. 

Nantinya, sosok Bacuya akan hadir langsung  di pembukaan di Surabaya dan terus menemani penikmat sepak bola di lokasi-lokasi gelaran Piala Dunia U-17 2023. Bukan hanya berupa maskot, sejauh ini Bacuya juga sudah menghiasi merchandise dan logo setia aspek Piala Dunia U-17 2023.