Bagikan:

JAKARTA - Dalam tengah-tengah desas-desus tak henti-hentinya tentang Marc Marquez, pembalap Ducati Gresini saat ini, Fabio di Giannantonio, memberikan pengingat tentang potensinya di MotoGP. Ia mampu  menyamai hasil terbaik karirnya selama akhir pekan yang kompetitif di Jepang.

Pembalap Italia ini tampil cepat sepanjang putaran Motegi. Ia berada di posisi keenam  dalam latihan Jumat dan kemudian lolos kualifikasi sebelum menyamai hasil terbaiknya di MotoGP dengan finis kedelapan di sesi Sprint.

Hasil tersebut diulang pada balapan grand prix yang basah sehari kemudian, yang akhirnya harus dihentikan setengah jarak karena kondisi cuaca hujan.

“Saya sangat senang dan sangat bangga dengan akhir pekan ini,” kata di Giannantonio, dikutip Crash.net.

"Kami melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam setiap kondisi yang kami hadapi, tetapi saya memiliki perasaan getir dengan balapan ini karena kami memiliki sedikit masalah, saya tidak bisa mengatakan apa, yang berarti saya tidak bisa bersaing di lima lap pertama," ujarnya.

"Kami tetap melakukan pekerjaan yang baik, tetapi mungkin tanpa masalah itu, kami bisa melakukan jauh lebih baik dari ini," ungkap pebalap kelahiran Roma, 10 Oktober 1998 itu.

"Tetapi saya senang karena akhirnya saya menyamai hasil terbaik saya di MotoGP dengan P8, top ten lainnya, hasil yang baik lagi... Tetapi bisa menjadi sesuatu yang lebih baik," ungkap dengan nada optimistis.

"Kami akan membawa energi positif ini ke balapan berikutnya dan kami tiba pada saat di kalender di mana balapan (berjalan cepat), jadi mari kita lihat," tambahnya.

Di Giannantonio berada di posisi ke-16 dalam kejuaraan dunia ini, dengan enam putaran tersisa.

Jika Marc Marquez pindah ke Gresini, apakah di Giannantonio akan ke LCR? Meskipun GASGAS akan mengalami perubahan untuk mengakomodasi Pedro Acosta, kursi di Giannantonio adalah satu-satunya yang masih benar-benar tersedia untuk tahun 2024.

Jika Marc Marquez benar-benar pindah ke Gresini bersama saudaranya, Alex yang saat ini cedera, musim depan, apakah di Giannantonio bisa bergabung dengan Honda?

Dalam kasus perpisahan Marquez-Honda, alih-alih bergabung dengan LCR seperti yang direncanakan, tanda tangan baru HRC dengan  Johann Zarco, diperkirakan akan mengambil alih posisi  Marquez di Repsol bersama Joan Mir.

Hal ini akan meninggalkan satu kursi kosong di LCR, yang baru diisi Takaaki Nakagami, pebalap Jepang. Pembalap WorldSBK Honda dan pengganti MotoGP, Iker Lecuona, juga  dijuluki sebagai pesaing yang mungkin untuk kekosongan tersebut. Namun,  di Giannantonio tampknya juga berminat. 

"Jika kami tidak memiliki kursi untuk tahun depan di sini dan Lucio [Cecchinello] memiliki tempat untuk saya, pasti saya akan menerima kesempatan itu dengan tangan terbuka," kata di Giannantonio.

"Juga karena saya pikir Honda sedang berjuang dalam periode ini, tetapi Honda adalah Honda. Ini adalah salah satu perusahaan terbesar, jika bukan yang terbesar, dalam hal sepeda motor di dunia.

"Jadi saya tidak berpikir [Honda] akan selalu dalam momen sulit di masa depan. Jadi mengapa tidak mencoba kesempatan lain?

"Tentu saja, saat ini saya sepenuhnya fokus pada balapan, seperti yang selalu saya katakan. Saya sepenuhnya fokus untuk menjadi pembalap terbaik dan melakukan pekerjaan terbaik yang saya bisa dengan Ducati dan tim saya.

"Juga karena belum ada yang pasti. Belum ada yang pasti [untuk 2024].

"Pasti akan luar biasa bagi pertumbuhan pribadi saya untuk melanjutkan dengan tim saya [Gresini] dan sepeda motor saya selama satu tahun lagi.

"Tetapi tentu saja jika tidak ada tempat, saya perlu mencari tempat lain, dan kami akan mempertimbangkan segala sesuatu."

Beberapa rumor juga mengaitkan di Giannantonio dengan kembali ke Moto2, tetapi dia menegaskan:

"Saar ini, prioritas dan tujuan utama kami adalah tetap berada di MotoGP. Jika atau saat tidak ada lagi kursi yang tersedia [di MotoGP], maka kami akan mempertimbangkan hal-hal lain.