Bagikan:

JAKARTA - Rafael Nadal baru-baru ini memberikan pernyataan besar pertamanya sejak dia bermain dalam pertandingan terakhirnya delapan bulan yang lalu, di Australian Open.

Beberapa bulan setelahnya, dia mengumumkan bahwa dia tidak akan bermain sepanjang musim tersebut. Kini, dalam suasana santai dan terlihat sehat, Rafa berbicara dengan Juanma Castano di depan kamera Movistar Plus+.

Dia memberi petunjuk bahwa keputusannya untuk mundur dari tenis pada tahun 2024 akan bergantung pada kondisi fisiknya. Rafa mengatakan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, dia telah melewati berbagai fase.

"Terakhir kali saya berbicara di depan umum, saya tidak tahu bahwa saya harus menjalani operasi," kata Nadal kepada Movistar Plus+.

"Sebenarnya, saya telah mengalami masalah sejak satu setengah tahun yang lalu ketika saya cedera pada iga saya saat bermain melawan Alcaraz di Indian Wells, meskipun di antaranya saya mampu memenangkan Roland Garros lagi. Terkadang hasilnya menggantikan rasa sakit sehari-hari," ucapnya.

Rasa sakit itu belum sepenuhnya meninggalkannya, tetapi sekarang bisa diatasi. "Kadang-kadang kaki saya tidak membiarkan saya hidup dengan tenang, sulit bagi saya untuk turun tangga, dan itu terjadi kadang-kadang," kata Nadal.

"Jika itu sakit, sulit bagi saya untuk bahagia, itu mengubah karakter saya ketika itu lebih sakit dari seharusnya," ucapnya.

Saat ini  kondisi fisiknya  memungkinkannya untuk membuka pintu  untuk menuju pensiun dari karier tenisnya.

"Saya mengatakan bahwa mungkin tahun 2024 akan menjadi tahun terakhir saya," ucap Nadal. "Saya mempertahankannya, tetapi saya tidak bisa mengkonfirmasikannya 100%.”

"Saya pikir ada kemungkinan besar bahwa itu akan terjadi, karena saya tahu bagaimana tubuh saya, tetapi bagaimana saya akan dalam empat bulan, saya tidak tahu. Saya tidak yakin apa yang akan saya lakukan pada tahun 2024, karena itu akan berubah sepenuhnya tergantung pada apa tujuan saya,” ujarnya.

"Jika saya tidak pulih, itu satu hal, jika saya bisa bersaing dengan tingkat yang membuat saya bersemangat, itu yang lain... Harapan saya, pada pertengahan November, untuk tahu bagaimana kondisi fisik saya. Ini adalah batas waktu yang telah saya tetapkan untuk diri saya sendiri," ujarnya.

Nadal mengaku telah menyesal bagaimana dia merawat tubuhnya selama masa  awal kariernya.  Nadal bahkan menyalahkan dirinya sendiri atas masalah fisiknya, dan menyatakan bahwa kurangnya perhatian saat dia muda telah menyebabkan masalah cederanya.

"Saya akan mengubah banyak hal dalam hidup dan karier saya. Saya telah membuat keputusan yang salah dalam hal melindungi fisik saya," kata Nadal.

"Saya melakukannya ketika saya muda, tetapi selama bertahun-tahun saya telah menjadi salah satu pemain terbaik di sirkuit. (Novak) Djokovic telah melakukannya lebih baik karena gaya bermainnya telah memungkinkannya untuk bermain lebih banyak daripada saya. Tapi saya salah karena saya pikir keputusan saya bagus," ujarnya.

Presiden Real Madrid

Ketika ditanya tentang apa yang ingin dicapai setelah meninggalkan tenis, Nadal melihat kecintaannya pada  sepak bola.

Meskipun memiliki hubungan keluarga dengan Barcelona, Nadal selalu menjadi penggemar Real Madrid. Dia sangat menyukai Los Blancos dan berharap bisa menjadi bagian dari struktur klub suatu hari nanti.

"Ya, saya ingin menjadi presiden Real Madrid," kata Nadal. "Tetapi pada saat ini tidak ada yang bisa dikatakan, karena kami memiliki presiden yang paling baik. Setelah itu, kehidupan berbelok banyak, dan Anda harus mempertimbangkan apakah Anda mampu melakukan hal-hal tertentu.”