Bagikan:

JAKARTA – Laga pertama fase grup Liga Champions Eropa 2023/2024 tengah pekan ini langsung menyuguhkan duel panas. Bentrok yang dimaksud adalah Bayern Munchen melawan Manchester United.

Kedua raksasa Eropa tersebut saling berhadapan di penyisihan Grup A di Allianz Arena, Kamis, 21 September 2023. Ini adalah bentrok pertama mereka setelah sembilan tahun berlalu.

Kedua tim sebelumnya terakhir kali bertemu dalam pertandingan kompetitif sembilan tahun lalu. Ketika itu Bayern keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1 dalam pertandingan leg kedua perempat final di ajang ini.

Setelah memenangi tiga pertandingan pembuka Bundesliga awal musim ini, catatan 100 persen Bayern Munchen berakhir ketika mereka dipaksa untuk hanya meraih satu poin dalam hasil imbang 2-2 di kandang Bayer Leverkusen.

Meski demikian, Bayern tercatat tidak pernah kalah di kandang ketika menjamu tim berjuluk Setan Merah tersebut. Rinciannya Die Roten menang tiga kali dan seri dua kali.

Selain itu, pasukan Thomas Tuchel cukup favorit melanjutkan langkah ke babak gugur untuk tahun ke-16 secara beruntun. Mereka bahkan diunggulkan akan mengamankan posisi teratas di grup.

Raksasa Jerman ini telah memantapkan diri mereka sebagai jagoan dalam fase grup beberapa tahun belakangan. Ini terlihat dari rekor membanggakan 34 pertandingan tak terkalahkan atau terpanjang dalam sejarah kompetisi ini.

Di sisi lain, Manchester United memainkan pertandingan ini setelah awal musim yang buruk di Premier League Inggris. Pasukan Erik ten Hag itu baru saja kalah melawan Brighton and Hove Albion di laga terbaru.

Itu adalah kekalahan ketiga MU dalam lima pertandingan pembuka mereka di liga. Ini adalah pertama kalinya catatan buruk tersebut mereka miliki di era Premier League.

Hasil ini membuat MU pun harus mendekam di posisi ke-13 klasemen sementara dan tertinggal sebanyak sembilan poin dari pemuncak klasemen dan rival bebuyutan Manchester City.

Ini jelas modal yang tidak memuaskan ketika mereka mendatangi Bayern. Upaya untuk berbicara di Eropa bisa jadi jauh lebih sulit dibandingkan domestik.

Prediksi susunan pemain:

Bayern Munchen (4-2-3-1): Ulreich; Mazraoui, Upamecano, Kim, Davies; Laimer, Goretzka; Sane, Musiala, Gnabry; Kane

Manchester United (4-2-3-2): Onana; Dalot, Lindelof, Martinez, Reguilon; Casemiro, Eriksen; Garnacho, Fernandes, Rashford; Hojlund