JAKARTA - Sirkuit Marina Bay akan kembali meraung untuk arena Formula 1 pada malam. Ini merupakan sebuah awal yang spesial karena tim dan pembalap, harus beradaptasi dengan atmosfer benua Asia. Selisih waktu yang berubah dan kondisi cuaca yang berbeda akan menjadi tantangan tersendiri, selain meriahnya berita hangat jelang balapan ini.
Berita besar datang dari Alfa Romeo, tim F1 asal Swiss yang dijalankan oleh Sauber, yang mengumumkan bahwa Zhou Guanyu akan tetap menjadi bagian dari tim mereka untuk tahun 2024. Tanda tangan terakhir pada dokumen yang telah disempurnakan ini diyakini baru ditandatangani beberapa menit sebelum pengumuman resmi dibuat.
Perhatian kemudian beralih ke akhir pekan ini, dengan prospek Grand Prix yang potensial sangat seru di sepanjang jalur Marina Bay. Beberapa revisi telah dibuat pada segmen terakhir lintasan, dengan empat tikungan dihapus karena adanya pembangunan venue acara - dan hal ini mengakibatkan lap yang lebih pendek dan potensi peluang untuk melakukan overtaking lebih banyak. Tentu ada jaminan seru jika pebalap bisa melakukan overtaking di area ini, atau akan ada lebih banyak kesempatan dibanding musim sebelumnya.
"Menurut saya, hal ini akan membuat balapan menjadi lebih seru," kata George Russell dari Mercedes. "Menurut saya, Singapura adalah sirkuit yang sangat bagus untuk dikendarai, tetapi agak sulit untuk balapan di sini. Secara historis, hanya Tikungan 5 yang menjadi kesempatan untuk overtaking, sedangkan sekarang saya berharap bahwa di Tikungan 16 yang baru akan ada kesempatan lain," kata Russel dikutip dari F1 News.
BACA JUGA:
Namun pertanyaan yang muncul adalah mampukan para pebalap nanti mengejar Red Bull, yang secara teknis kekuatan dan kecepatannya di atas rata-rata mobil yang beradu? Juara dunia bertahan konstruktor ini belum terkalahkan pada tahun 2023. Bahkan pebalap Max Verstappen maish menjadi pemimpin klasemen yang memenangkan 10 balapan secara beruntun. RB19 telah menjadi yang terbaik di lapangan - bahkan mungkin merupakan mobil terbaik yang pernah ada di Formula 1.
"Kami memahami regulasi baru ini dengan sangat baik," kata Verstappen. "Dan ya, ketika Anda memiliki orang-orang yang baik di setiap posisi, Anda bisa mencapai sesuatu seperti yang Anda saksikan sekarang."
Namun Verstappen tidak yakin mereka akan menikmati keuntungan yang sama seperti di sebagian besar lintasan tahun ini saat mobil-mobil mengaspal di sirkuit akhir pekan ini. "Menurut saya, kami tidak sekompetitif di sirkuit lain," katanya. "Sirkuit jalanan sedikit lebih sulit bagi mobil kami. Saya tetap berpikir bahwa kami dapat melakukan pekerjaan yang baik tetapi ini akan sangat ketat."
Kenyataannya adalah jika Red Bull tidak sekuat di beberapa sirkuit seperti tahun ini, mereka masih akan sulit untuk dikalahkan. Sergio Perez memenangkan lomba di sini tahun lalu sementara Verstappen, yang selama ini belum pernah menang di balapan Singapura, terlihat tak terkalahkan setiap kali ia naik di balik kemudi pada lomba tahun ini.
Tetapi ada saat-saat tahun ini ketika mereka benar-benar harus berjuang dan diperkirakan bahwa akhir pekan ini bisa menjadi salah satu di antaranya.
"Tahun lalu, kami memiliki mobil yang sangat cepat dan sayangnya kami tidak memanfaatkannya sepenuhnya selama akhir pekan," kata Russell. "Tetapi saya pikir saat ini sangat ketat antara kami sendiri, Ferrari, dan McLaren. Aston Martin berfluktuasi dalam performa."
"Harapannya, kami bisa sedikit mengurangi jarak ke Red Bull di sini, di sirkuit dengan downforce tinggi. Jadi, menurut saya ini adalah pertarungan untuk posisi kedua di lapangan. Tetapi Anda harus menyelesaikan setiap detail dengan sempurna karena ini akan sangat ketat," tambahnya.
Ferrari sedang dalam performa bagus saat ini setelah akhir pekan terkuat mereka sepanjang tahun, dengan Carlos Sainz meraih pole position dan podium (tempat ketiga) pertamanya tahun ini di Monza dan rekan satu timnya Charles Leclerc finis di posisi keempat.
Prestasi mereka di Italia sangat spesifik tergantung sirkuitnya, dengan tim mengalihkan sumber daya untuk menghasilkan paket khusus untuk balapan tersebut guna memaksimalkan kekuatan mobil mereka di kandang sendiri.
Scuderia cukup realistis bahwa pengulangan performa terbaik di Monza sering untuk dilakukan Singapura, tetapi persaingan untuk menjadi tim terbaik bagi kedua tim masih terbuka lebar.
"Saya pikir itu bisa saja menjadi Aston, Mercedes, bisa saja McLaren, atau bahkan Alpine jika mereka sekompetitif di Zandvoort," kata Sainz. "Saya pikir Red Bull akan satu langkah lebih maju tetapi jika kami melakukan segalanya dengan baik, maka segalanya bisa terjadi."
Aston Martin adalah tim yang lebih sulit diprediksi. Mereka sudah merasakan puncak dengan tujuh podium pada awal musim ini dan merasakan kekecewaan di Monza di mana mereka kehilangan kecepatan untuk bersaing. Fernando Alonso mengatakan bahwa ia berharap akan lebih baik di Singapura, tetapi "sulit untuk dikatakan".
"Di Monza, kami memang tidak kompetitif, itu pasti. Di sini, kami berharap untuk dalam kondisi sedikit lebih baik, tetapi saya pikir semuanya sangat ketat. Dan beberapa sirkuit jalanan seperti Monaco, kami merasa baik. Di Baku, kami tidak baik. Jadi, saya rasa kita harus menunggu dan melihat. Seperti yang saya katakan, kita akan memulai dari sesi latihan bebas 1 untuk membangun momentum," kata Alonzo.
The most dramatic race start we've ever seen in Singapore 😱#SingaporeGP #F1 pic.twitter.com/Z2WWmxScER
— Formula 1 (@F1) September 13, 2023
McLaren bisa saja menjadi kejutan akhir pekan ini, karena mereka mendekati sirkuit yang akan lebih cocok bagi mereka daripada balapan terakhir di Monza. Selain itu, mereka memiliki upgrade yang lebih awal dari yang direncanakan. Hal ini berarti mereka hanya memiliki satu paket yang akan dipasang di mobil Lando Norris, dengan rekan setimnya Oscar Piastri akan mendapatkannya di Jepang.
"Kami belum menjalani sesi di lintasan, jadi kami harus menunggu sampai semuanya berjalan dengan baik," kata Norris. "Tetapi ya, ini adalah langkah yang bagus, tim telah bekerja keras untuk mencapai ini, untuk salah satu mobil di sini dan kemudian Oscar akan mendapatkannya di Jepang nanti. Jadi, dua akhir pekan yang menarik bagi kami."
Jadi, secara keseluruhan, tampaknya Red Bull memiliki keunggulan, tetapi ada empat tim yang sangat berdekatan di belakang, dengan pemimpin dari kelompok tersebut sering berubah-ubah dari balapan ke balapan. Semuanya siap untuk akhir pekan yang berpotensi sangat menarik di depan.