Daftar Cabang Olahraga Akuatik di Asian Games Hangzhou 2022
Ilustrasi olahraga akuatik (Foto via ANTARA/Muhammad Ramdan)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Indonesia akan mengirim sejumlah atlet cabang olahraga akuatik untuk mengikuti Asian Games 2022 di Hangzhou, China. Menjelang kompetisi tersebut, Komite Olahraga Indonesia (KOI) mengatakan bahwa tim akuatik Indonesia mengalami peningkatan.

Di luar kondisi atlet akuatik Indonesia, cabang olahraga (cabor) di Asian Games Hangzhou meliputi beberapa olahraga. Artikel ini akan memberikan informasi daftar olahraga yang masuk cabang akuatik dalam Asian Games Hangzhou 2022.

Cabang Olahraga Akuatik

Secara umum olahraga akuatik adalah olahraga yang dilakukan di dalam air. Arena cabor ini biasanya dilakukan di dalam kolam air yang kualifikasinya disesuaikan dengan peruntukan olahraga. Di Asian Games Hangzhou sendiri akuatik terdiri dari beberapa olahraga yakni sebagai berikut.

  1. Renang

Secara umum olahraga renang adalah olahraga yang dilakukan di kolam air dalam ruangan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara berpindah dari satu titik ke titik lain. Dalam kompetisi renang, yang dikompetisikan adalah gerakan atau gaya renang seperti gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan sebagainya.

Perenang dinyatakan menang jika memenuhi kriteria mulai dari gerakan, waktu yang berhasil diraih saat menyelesaikan jarak lintas renang, dan sebagainya.

  1. Renang Perairan Terbuka

Olahraga renang perairan terbuka adalah salah satu disiplik renang yang dilakukan di luar ruangan. Biasanya lokasi olahraga ini dilakukan di perairan terbuka seperti danau, sungai, bahkan laut. Berbeda dengan olahraga renang dalam ruangan yang dilakukan di kolam renang buatan.

Biasanya atlet renang perairan terbuka harus menempuh jarak hingga ribuan kilometer di perairan terbuka. Oleh karenanya atlet tidak hanya harus memiliki teknik renang yang baik namun harus didukung dengan stamina yang mumpuni.

  1. Polo Air

Berbeda dari olahraga akuatik lainnya, polo air adalah olahraga air yang dilakukan secara beregu. Atlet polo air yang satu tim terdiri dari enam pemain dan satu kiper harus berada di dalam kolam air. Olahraga ini mirip dengan sepak bola karena dituntut untuk mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Olahraga polo air digelar sebanyak empat babak. Durasi setiap babak adalah delapa menit. Sedangkan waktu istirahat per babak adalah dua menit. Namun dalam waktu pergantian antara babak tiga dan empat waktu istirahat lebih panjang yakni lima menit. Setiap babak gawang harus berpindah secara bergantian.

  1. Renang Indah

Renang indah adalah olahraga air yang mengombinasikan senam, keterampilan berenang, dan tarian yang dilakukan ke dalam air. Olahraga ini cukup sulit dilakukan karena atlet harus memiliki banyak kemampuan fisik maupun kekompakan.

Gerakan atletik pada renang indah dilakukan di dalam air dan dikoreografikan dengan alunan musik. Atlet yang ikut cabor ini harus memiliki stamina kuat dan kepekaan terhadap musik agar gerakannya selaras.

  1. Loncat Indah

Seperti namanya, loncat indah adalah olahraga air yang dilakukan dengan cara melompat dari suatu ketinggian ke arah kolam renang. Olahraga ini tidak hanya melibatkan kekuatan namun keberanian hingga fleksibilitas tubuh. Atlet loncat indah biasanya mampu melakukan gerakan memutar hingga jungkir balik di udara sebelum sampai di air.

Ketinggian papan loncat pada olahraga ini pun bervariasi seperti 3, 5, hingga 10 meter. Sedangkan kedalaman kolam yang dipilih untuk kompetisi biasanya lima meter.

Itulah informasi terkait cabang olahraga akuatik. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.