Elkan Baggott dan Rafael Struick Berharap Kemujuran di Kualifikasi Piala Asia U-23
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-23, Rafael Struick (tengah). (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Elkan Baggot dan Rafael Struick berharap Timnas Indonesia U-23 bernasib baik pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 berturut-turut memainkan babak kualifikasi Grup K melawan Taiwan dan Turkmenistan pada Sabtu, 9 September dan Selasa, 12 September, di Stadion Manahan, Solo.

Untuk langsung masuk ke putaran final, Indonesia perlu memuncaki klasemen grup. Jalur lain adalah menjadi runner-up terbaik, tetapi skenario itu tidak begitu aman.

"Kami berharap bisa lolos dari kualifikasi ini dan melaju ke babak berikutnya tahun depan," kata Elkan sebagaimana dilansir dari situs resmi PSSI.

Untuk saat ini, Turkmenistan memimpin puncak klasemen sementara setelah mengalahkan Taiwan dengan skor telak empat gol tanpa balas pada laga perdana grup.

Jika ingin menggeser posisi Turkmenistan, Indonesia perlu menang dengan skor lebih mentereng 5-0 dan seterusnya atas Taiwan pada akhir pekan nanti.

Andai hasil itu bisa didapat, Garuda Muda hanya perlu butuh hasil seri di laga terakhir melawan Turkmenistan pada Selasa, 12 September nanti, untuk lolos sebagai juara grup.

Namun, kalau skenario ini tidak terjadi, Indonesia mengejar tiket ke Qatar melalui empat tim runner up terbaik. Jumlah gol selama babak penyisihan akan berpengaruh besar di jalur ini.

"Sama dengan teman-teman yang lain saya juga berharap bisa lolos dari babak kualifikasi ini dan bermain di Piala Asia U-23 tahun depan," tutup Rafael.

Di fase kualifikasi ada 11 juara grup plus dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final yang berlangsung di Qatar dari 15 April sampai 3 Mei 2024.