Keren, Everton Cetak Rekor 4 Kemenangan Tandang Beruntun di Era Liga Premier
Para pemain Everton merayakan kemenangan atas Leeds (Twitter @everton)

Bagikan:

JAKARTA - Everton mencetak rekor saat menaklukkan Leeds United dengan skor 2-1 dalam lawatan ke Stadion Elland Road pada laga pekan ke-22 Liga Inggris pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Hasil itu membuat Everton untuk pertama kalinya mencatatkan kemenangan dalam empat pertandingan tandang beruntun di era Liga Premier.

Everton sementara naik ke posisi keenam klasemen dengan koleksi 36 poin, melompati Tottenham Hotspur (33) dan Chelsea (33) yang akan berhadapan satu sama lain sehari berselang, sedangkan Leeds (29) sementara tertahan di urutan ke-11, demikian catatan Antara dari laman resmi Liga Inggris.

Setelah hasil mengecewakan yang diderita di dua laga terakhirnya, mampu membuka keunggulan hanya sembilan menit selepas sepak mula melalui Gylfi Sigurdsson.

Berawal dari umpan jauh Andre Gomes, Lucas Digne mengirimkan umpan silang yang gagal diantisipasi barisan pertahanan Leeds dan memberi kesempatan bagi Sigurdsson untuk memperdaya kiper Illan Meslier.

Leeds hampir membalas pada menit ke-20 melalui situasi sepak pojok tetapi tembakan voli indah Ezgjan Alisoki yang sudah tak terjangkau kiper Robin Olsen malah membentur mistar gawang.

Enam menit kemudian, peluang Leeds kembali terbuang saat sundulan Pascal Struijk menyambut tendangan bebas Kalvin Phillips mampu ditepis secara gemilang oleh Olsen.

Empat menit jelang turun minum, justru Everton yang mampu menggandakan keunggulan melalui situasi sepak pojok ketika Dominic Calvert-Lewin menyelesaian umpan sundulan Ben Godrey demi menjebol gawang Leeds.

Ketertinggalan dua gol membuat Leeds memasuki babak kedua dengan ambisi bangkit dan tiga menit selepas sepak lanjut, mereka mampu memanfaatkan blunder Mason Holgate untuk memperkecil ketertinggalan 1-2.

Holgate yang melakukan aksi berisiko kehilangan penguasaan bola di area pertahanan Everton dan Patrick Bamford yang merebutnya segera mengirimkan si kulit bundar ke arah Raphinha untuk diselesaikan dengan sepakan sentuhan pertama ke pojok gawang.

Pada menit ke-61, Leeds memperoleh peluang bagus untuk menyamakan kedudukan tetapi Olsen tampil gemilang melakukan dua penyelamatan beruntun atas tembakan Raphinha dan sambaran Jack Harrison.

Keberuntungan agaknya memang berpaling dari tim besutan Marcelo Bielsa, sebab peluang bagus lain yang mereka ciptakan pada menit ke-72 diakhiri sundulan melambung Bamford, yang sudah memperdaya Olsen, tetapi mendarat di atas mistar gawang.

Lima menit jelang bubaran, Everton hampir mengunci kemenangan mereka lebih awal jika saja penyelesaian Calvert-Lewin tidak terlalu lemah dalam situasi satu lawan satu dengan Meslier.

Pun demikian, skor 2-1 bertahan hingga bubaran dan Everton membawa pulang tiga poin penuh dari markas Leeds.

Di pertandingan selanjutnya, Everton berkesempatan melanjutkan tren positif tandang mereka ketika melawat ke markas Manchester United pada Sabtu, 6 Februari dan di hari yang sama Leeds akan menjamu Crystal Palace di Elland Road.