Johann Zarco Pilih LCR Honda setelah Berpisah dengan Pramac Ducati
Johann Zarco resmi bergabung dengan LCR Honda setelah berpisah dengan Pramac Ducati. (Foto: Twitter/@pramacracing)

Bagikan:

JAKARTA - Johann Zarco tak butuh waktu lama untuk menemukan pelabuhan baru setelah mengumumkan berpisah dengan Pramac Ducati. Pebalap MotoGP asal Prancis itu resmi bergabung dengan LCR Honda.

Zarco akan memperkuat tim satelit Honda itu menandatangani kontrak dua musim yang dimulai pada 2024. Dia menggantikan posisi Alex Rins yang musim depan membela Yamaha.

Kepala Tim LCR Honda Lucio Cecchinello mengatakan, pengalaman dan performa Zarco selama ini adalah dua hal utama yang menjadi pertimbangan tim.

Selain itu, Zarco juga memiliki sejarah bersama Honda karena pernah menjadi salah satu pebalap pengganti pada 2019. Cecchinello menambahkan, Zarco dan Honda memiliki komitmen dan kerja keras yang sesuai dengan nilai tim.

"Kami sangat gembira menyambut Johann ke tim LCR Honda Castrol dengan semua detail dan tanda tangan masing-masing. Ini adalah kembalinya Johann ke tim setelah kami sempat bersama sebentar pada 2019, di mana kami sudah bisa melihat potensi dan etos kerjanya," kata Cecchinello.

"Masih banyak balapan dan pekerjaan yang harus diselesaikan musim ini, tapi kami menantikan dimulainya proyek baru ini pada 2024," tambahnya, seperti dikutip Antara.

Sejak 2021 hingga sekarang, mantan pebalap Tech3 itu telah meraih total 12 podium bersama tim. Rinciannya empat podium pada 2021, empat podium pada 2022, dan empat podium lagi di musim ini.

"Tahun depan, saya akan menghadapi tantangan baru. Tapi untuk saat ini, saya ingin menutup kejuaraan ini dengan cara terbaik," ujar Zarco ketika mengumumkan kepergiannya dari Pramac.

"Saya berterima kasih kepada seluruh tim saya, Ducati, dan semua orang yang telah bekerja bersama saya selama tahun-tahun yang kami habiskan bersama ini," lanjutnya.