Luis Milla Mundur dari Kursi Pelatih Persib Bandung, Siapa Penggantinya?
Luis Milla memutuskan mundur sebagai pelatih Persib Bandung. (Instagram @luismillacoach)

Bagikan:

BANDUNG - Luis Milla menyatakan mundur dari kursi kepelatihan Persib Bandung pada Sabtu 15 Juli. Pelatih Fisik Persib Yaya Sunarya ditunjuk jadi caretaker Persib selama proses pencarian pelatih baru.

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengaku keputusan pelatih berkebangsaan Spanyol itu sangat mendadak. Luis sudah sekitar satu musim menukangi klub kebanggaan warga Jawa Barat itu.

"Kami di internal sudah mulai mencari calon pengganti pelatih kepala yang akan segera kita review kandidat yang ada. Jadi mudah-mudahan bisa secepatnya kita bisa mendapatkan pengganti dari Luis Milla," kata Teddy di Graha Persib, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu 15 Juli.

Selain Luis, Teddy bilang dua asisten pelatih yang juga berkebangsaan Spanyol, yakni Carlos Rodrigues dan Manu Perez turut mundur dari tim pelatih Persib Bandung.

"Karena memang para asisten adalah satu kesatuan dengan Luis Milla, maka semuanya akan mundur," katanya.

Sementara itu, Komisaris PT PBB Umuh Muchtar mengaku terkejut atas keputusan Luis Milla itu. Karena mencari pelatih baru untuk klub Maung Bandung itu bukan suatu perkara yang mudah.

Umuh menjelaskan Luis mengalami keperluan pribadi karena orang tuanya sedang sakit. Sehingga Luis pun memilih untuk pulang ke keluarganya.

"Maksud saya ya kalau mau pulang tidak ada masalah, paling lama 10 hari. Tapi mereka tidak menjanjikan akan kembali, itu yang saya sampaikan kaget ya," kata Umuh disitat Antara.

Adapun Luis Milla mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, baik manajemen klub, para pemain, hingga pihak lainnya yang telah mendukungnya selama di Bandung.

"Apapun yang sudah dilewati bersama pemain, juga sudah dilewati dengan baik, ini hanya alasan personal. Sebuah hal yang cukup sulit yang harus diputuskan," ujarnya.

Di bawah asuhan Milla, Persib berhasil menempati peringkat ketiga pada kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, setelah sempat beberapa kali tampil tidak maksimal pada awal musim.

Sejak menjalani debut di Persib pada laga pekan kedelapan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, Luis Milla telah berhasil mencatat 17 kemenangan, empat imbang, dan enam kalah.

Sedangkan pada Liga 1 2023/2024, Milla baru membawa Persib meraih tiga poin dalam tiga pertandingan yang semuanya berakhir dengan skor imbang.