Wakili Presiden Jokowi, Menpora Dito Ariotedjo Resmi Buka Kongres KOI
Kongres Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia resmi dibuka oleh Menpora Dito Ariotedjo. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kongres Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia resmi dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam kata sambutannya, Dito menyampaikan ucapan terima kasih dari Presiden kepada jajaran pengurus KOI atas kerja keras yang dilakukan.

"Upaya-upaya ini telah memastikan partisipasi para atlet Indonesia dalam multicabang olahraga seperti SEA Games Kuala Lumpur 2019, Olimpiade Tokyo 2020 yang diundur hingga 2021, SEA Games 2021 Vietnam yang mundur ke 2022, dan SEA Games Kamboja 2023," kata Menpora.

Dalam sambutan yang disampaikan Menpora, Presiden Jokowi mengatakan, dunia olahraga mengalami tantangan sangat berat akibat pandemi COVID-19 dalam tiga tahun terakhir.

Namun pencapaian-pencapaian di SEA Games 2022 dan 2023, serta ASEAN Para Games pada tahun yang sama mampu menumbuhkan optimisme dan tren positif dunia olahraga Tanah Air.

Selain itu, KOI juga dinilai mampu menjaga diplomasi olahraga Indonesia di level internasional, seperti terlihat dari upaya mempercepat selesainya sanksi Badan Anti Doping Dunia (WADA).

KOI juga diharapkan mampu terus bersinergi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) agar prestasi olahraga Indonesia dapat terus berkembang di kancah internasional.

Pada 2023, masih ada dua ajang pesta olahraga tingkat Asia yang akan diikuti Indonesia, yakni Asian Games dan Asian Indoor Martial Arts Games.

Terakhir, KOI juga diingatkan untuk terus menjadi mitra pemerintah dalam membangun pangkalan data (data base) atlet nasional bersama KONI, federasi nasional, dan pemangku kepentingan lainnya.

"Saya yakin, dengan kerja sama dan dedikasi yang kuat, kita semua dapat memajukan olahraga Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi," pungkas Menpora.