KONI Resmi Lantik Pengurus PSSI Periode 2023/2027, Posisi Sekretaris Jenderal Tetap Diisi Yunus Nusi
Suasana pelantikan pengurus PSSI periode n2023-2027. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) resmi mengukuhkan pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027. Jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) kembali diisi Yunus Nusi.

Pelantikan pengurus PSSI 2023-2027 berlangsung di Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Jumat 26 Mei siang. Komite Eksekutif (Exco) yang berjumlah 16 orang hadir dalam pelantikan ini, mulai dari Ketum hingga jajaran anggota Exco.

Acara ini juga dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Erick Thohir sejatinya resmi terpilih menjadi Ketum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB), 16 Februari lalu. Namun setelah tiga bulan berlalu, Erick Thohir dan kolega tak langsung dilantik secara resmi.

Situasi itu terjadi karena federasi dihadapkan dengan berbagai agenda dan juga menunggu gelaran SEA Games 2023 di Kamboja rampung. Selain itu, status Erick Thohir yang masih aktif menjabat sebagai Menteri BUMN juga jadi perhitungan untuk menentukan jadwal.

"Saya berharap pelantikan hari ini bukan merupakan langkah awal atau akhir kita bekerja, tetapi saya dengan hormat dan segala kerendahan hati, mohon dukungan yang maksimal dari Menpora, Ketua Koni, ketua KOI dan seluruh kepala cabor untuk bisa mendukung prestasi sepak bola sesuai yang kita cita-citakan menjadi tradisi,” kata Erick Thohir dalam sambutannya.

Setelah resmi dilantik KONI, agenda terdekat PSSI adalah menggelar Kongres Tahunan pada Minggu, 28 Mei. Agenda utamanya adalah penetapan program kerja, laporan keuangan dan memilih detail kepengurusan atau komisi yudisial seperti komite disiplin, komite banding hingga komite wasit.

Berikut Susunan Pengurus PSSI Usai Dilantik KONI pada Jumat, 26 Mei:

Ketua Umum:

Erick Thohir

Wakil Ketua Umum:

Zainudin Amali

Ratu Tisha

Anggota Komite Eksekutif PSSI 2023-2027:

Eko Setiawan

Endri Erawan

Juni Rahman

Muhammad

Rudi Yulianto

Sumardji

Vivin Cahyani

Ahmad Riyadh

Arya Sinulingga

Hasnuryadi

Peter Tanuri

Khaerul Anwar

Sekretaris Jenderal (Sekjen):

Yunus Nusi