Malaysia Masters 2023: Jonatan Christie Melewati Laga Dramatis, Minions Melangkah Mulus ke Babak Kedua
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie sukses mengalahkan wakil Taiwan Chi Yu Jen untuk mencapai babak kedua Malaysia Masters 2023.

Jonatan melewati pertandingan selama 65 menit untuk mengamankan tiket babak kedua melalui kemenangan rubber game 16-21, 21-18, dan 21-16, di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Rabu, 24 Mei 2023 petang WIB.

"Pastinya tidak mudah di pertandingan pertama tadi. Kami baru dari Piala Sudirman dengan tempat yang berbeda, jadi harus lebih adaptasi lagi. Sebenarnya dari awal saya sudah dapat ritme dan polanya hanya penerapan strateginya agak sedikit kurang tepat," kata Jonatan.

"Di gim kedua dan ketiga saya mengubah permainan dengan lebih sabar karena tipikal lawan yang ulet dan tidak mudah dimatikan. Selain itu, kondisi shuttlecock yang pelan memang harus bermain menunggu kesempatan yang pas untuk masuk ke serangannya.

"Memang sejak sebelum berangkat sudah antisipasi bahwa akan cukup melelahkan menuju ke Malaysia Masters ini setelah Piala Sudirman. Jadi harus punya tenaga ekstra dan pintar jaga kondisi," ia menambahkan.

Dari nomor tunggal putra, Jonatan adalah wakil kedua Indonesia yang mencapai babak 16 besar. Sebelumnya Indonesia sudah mengamankan satu tiket melalui Christian Adinata.

Langkah Jonatan diikuti pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Ganda putra andalan Indonesia itu menang dua gim langsung atas wakil Thailand, Pharanyu Kaosamaang/Worddapol Thongsa-Nga, dua gim langsung.

Setelah menang mudah 21-11 pada gim pertama, permainan Kevin/Marcus kian tak terbendung di gim kedua. Pasangan yang dijuluki Minions itu menang 21-9 pada gim kedua.

Selain di tunggal dan ganda putra, tiket babak kedua Indonesia juga bertambah pada nomor ganda campuran. Dua wakil yang lolos ke babak kedua di nomor ini adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Kedua pasangan ini kompak bermain dramatis sebanyak tiga gim untuk menghentikan lawan mereka. Rinov/Pitha lolos ke babak kedua setelah memulangkan wakil Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei.

Praveen/Melati juga menghentikan wakil Malaysia, yakni unggulan kelima Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

"Di awal gim pertama, saya sempat meraba dulu permainan karena ini pertemuan pertama. Tapi saya yakin saja dengan kemampuan saya, ada Rinov juga yang selalu dukung," ujar Pitha usai laga.

"Di gim kedua saya kehilangan fokus, banyak mati sendiri terutama di bola-bola depan. Tadi senang banget pas akhirnya selesai pertandingan. Kami bisa keluar dari tekanan dan memenangkan pertandingan yang tidak mudah," tambah dia.