Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022: Jonatan Christie Melangkah ke Perempat Final dengan Menyingkirkan Wakil Malaysia
Pemain tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, melangkah ke perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia. (Foto: Twitter.com/INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, melangkah ke babak perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 setelah menang atas wakil Malaysia, Daren Liew . Dalam laga yang berlangsung Kamis, 28 April itu, Jojo mengamankan kemenangan dengan skor 21-14, 13-21 dan 21-19.

Tampil di Muntinlupa Sports Complex, kemenangan Jonatan Christie ini berlangsung dramatis. Jojo mesti melewati duel selama 55 menit untuk menyudahi perlawanan Daren Liew.

Di awal gim pertama, Jonatan sempat tertinggal dengan skor tipis 4-5, tapi kemudian ia bisa mengejar dan menyeimbangkan skor seri 6-6. Setelah itu, ia terus memimpin hingga interval pertama dengan poin 11-8 atas wakil Malaysia peringkat 35 dunia itu.

Setelah Jeda, Jonatan tak ingin kehilangan momen dan terus melesat dengan poin 13-8. Namun Liew juga tak mau menyerah dan berusaha keras mengejar lima angka, tapi Jonatan akhirnya menutup gim pertama 21-14.

Masuk di gim kedua Jonatan terus memanfaatkan keunggulan sebelumnya untuk mencuri poin 10-2. Namun upaya baik itu tak bertahan, karena Liew bangkit dan mengejar dan memuat Jonatan tertinggal 10-11 pada interval gim kedua.

Jonatan hanya bisa menambah dua poin pada paruh kedua gim kedua. Sehingga kali ini Liew menang dengan skor 21-13 pada gim kedua.

Setelah imbang di gim pertama dan kedua, permainan terpaksa berlanjut ke babak ruber gim untuk menentukan pemenang. Di babak penentuan ini, Jonatan perlahan memperbaiki penampilan dan menata permainan.

Dari tertinggal 4-8, Jonatan bisa memimpin 10-9. Setelah interval pada kedudukan 10-11, pertandingan kembali berjalan menarik. Jonatan dan Liew berusaha menampilkan performa terbaik. Jonatan yang nyaris selalu tertinggal kemudian mengamankan empat poin beruntun dan memimpin 19-17.

Situasi tegang terjadi hingga akhirnya Jonatan menang 21-19 setelah kok yang dikembalikan Liew membentur net.

Nasib berbeda dialami ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka harus mengakui keunggulan pasangan China Ren Xiang Yu/Tan Qiang.

Ahsan/Hendra kalah 9-21 dan 15-21 dalam pertandingan yang berlangsung selama 27 menit.

Sebelumnya, Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso juga kalah dari pasangan Negeri Tirai Bambu, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Mereka menyerah, 11-21 dan 13-21.