Selamat! Tim Voli Pantai Putra Indonesia Membukukan Kemenangan Kedua
Pertandingan bola voli pantai (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Tim bola voli pantai putra Indonesia membukukan kemenangan kedua dalam babak penyisihan Pool B nomor beregu SEA Games 2023 Kamboja, setelah menaklukkan Thailand dengan skor 2-1 di Pantai Sihanoukville, Kamboja, Sabtu, 13 Mei.

Indonesia tertinggal terlebih dahulu ketika tim pertama yang diperkuat Danangsyah Yudisthira Pribadi dan Gilang Ramadhan harus mengakui keunggulan Pithak Tipjan dan Poravid Taovato dalam tiga gim, 17-21, 21-18, dan 17-19.

Tim Indonesia 2 yang menurunkan duet Mohammad Ashfiya dan Akbar Bintang menyamakan kedudukan lewat kemenangan atas Dinwinit Kaewsai/Surin Jongklang dalam dua gim 21-11 dan 21-17.

Dengan hasil imbang tersebut maka pemenang ditentukan melalui babak emas (golden match). Di babak ini masing-masing regu diperbolehkan memainkan komposisi berbeda dari empat pemain yang terdaftar.

Thailand memilih mengkombinasikan Dinwinit Kaewsai dengan Poravid Taovato, sedangkan Indonesia menurunkan Tim Indonesia 2 Mohammad Ashfiya dan Akbar Bintang.

Ashfiya/Akbar terbukti lebih kompak dibanding kombinasi baru Thailand sehingga bisa memberikan angka kemenangan bagi Merah Putih dalam permainan dua gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-14.

Dikutip dari ANTARA, kemenangan kedua itu membawa Indonesia ke puncak klasemen Pool B dengan poin empat, disusul Thailand dan Singapura dengan poin tiga, adapun Malaysia berada di posisi buncit dengan nilai dua.

Mohammad Ashfiya dan kawan-kawan selanjutnya akan bertanding melawan Singapura pada Minggu, 14 Mei.

Voli pantai putra menjadi salah satu andalan Indonesia untuk mendulang medali emas karena sepanjang sejarah pertandingan nomor ini di SEA Games, Indonesia mendominasi dengan menyapu bersih semua gelar juara dari tujuh penyelenggaraan sejak dipertandingkan di SEA Games 2003 di Vietnam.

Nomor voli pantai tidak dipertandingkan dalam SEA Games 2013 (Myanmar), 2015 (Singapura), dan 2017 (Malaysia).