Persiapan Lari Maraton: Begini Tahapannya
Persiapan Lari Maraton (Gambar kinkate - Pixabay)

Bagikan:

 YOGYAKARTA - Masih banyak orang menyangka kalau lari Maraton adalah sebuah tren, padahal jenis olahraga ini begitu menyehatkan buat kita loh kalau benar-benar di seriusin. Manfaatnya apa aja? Ya seperti meningkatkan daya tahan otot dan juga kebugaran kardiovaskular. Yuk kita salami bagaimana persiapan lari maraton!

Apakah marathon bisa dilakukan oleh pemula? Jawabannya tentusaja bisa, hanya saja perlu yang Namanya persiapan khusus seperti berikut; 

Persiapan Lari Maraton

Mempersiapkan Waktu 12– 20 Minggu

Beberapa besar konsep pelatihan maraton berkisar antara 12 sampai 20 minggu. Pelari maraton pemula wajib membuat jarak tempuh mingguan mereka sampai 80 kilometer selama 4 bulan menjelang hari perlombaan.

Rutin Lari Paling tidak 3– 5 Kali Perminggu

Jalani bimbingan lari rutin, paling tidak 3- 5 kali per pekan. Jalani lari santai dengan kecepatan normal. Ini bakal amat menolong kalian dalam membuat ritme serta aksen lari yang normal, alhasil ketika pada saat berkompetisi, kalian lebih dapat membiasakan kecekatan lari.

Istirahat yang Cukup

Sepanjang kalian menjalani latihan intens, janganlah lupa buat memperoleh waktu rehat yang pas. Sia- sia bila kalian latihan lebih keras apabila tidak dibarengi dengan rehat. Badan butuh memperbaiki otot dampak berolahraga rutin serta lumayan intens itu. Jadi, yakinkan kalian memperoleh tidur malam 7- 8 jam. 

Terhidrasi dengan Baik serta Mengkonsumsi Karbohidrat Kompleks

Yakinkan kalian terhidrasi dengan bagus dikala melaksanakan persiapan maraton. Minumlah banyak air sepanjang sepekan saat sebelum perlombaan, karena ini bakal memaksimalkan hidrasi.

Tidak hanya itu, kalian pula butuh komsumsi santapan yang banyak karbohidrat kompleks, semacam roti, nasi, pasta, serta sayuran bertepung. Ini bisa menolong mengoptimalkan simpanan glikogen( tenaga).

Janganlah bereksperimen dengan santapan baru di masa- masa perencanaan lari maraton.

Lakukan Latihan Kekuatan

Janganlah cuma latihan lari, kalian pula butuh melaksanakan latihan kekuatan. Tipe latihan kekuatan yang dapat dicoba buat mengimbangi kardio misalnya pilates, berenang, latihan serta alat- alat berat di gym. Ini semua bisa menolong membuat otot- otot baru dan menjaga kekuatan dikala perlombaan lari maraton.

Mulai dengan Perlahan

Jarak lari maraton yakni 42, 195 kilometer, jadi kalian butuh lari dengan cara perlahan serta janganlah tergesa- gesa. Kalian butuh melindungi irama serta kecepatan, biar tenaga dapat dibagi dengan dengan cara menyeluruh hingga di titik finish. 

Jadi setelah mengetahui persiapan lari maraton, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!