Bagikan:

JAKARTA - Legenda bulu tangkis asal China, Lee Chong Wei dan andalan Malaysia, Lin Dan terpilih dalam Hall of Fame BWF 2023. Acara peresmian itu digelar di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia pada Jumat, 26 April.

Dipilihnya Lin Dan serta Lee Chong Wei dalam Hall of Fame 2023 berdasarkan alasan yang signifikan. Keduanya disebut memiliki peran penting dalam persaingan tunggal putra.

"Keduanya merupakan pemain tunggal putra paling dominan di generasinya," tulis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dalam rilis resminya dikutip pada Rabu, 3 Mei.

Sejak memulai karier di awal 2000, Lee Chong Wei dan Lin Dan terus menyajikan persaingan sengit hampir dua dekade untuk perebutan Kejuaraan Dunia, Olimpiade, dan ajang bergengsi BWF lainnya. Hingga pada akhirnya mereka masing-masing memutuskan pensiun pada 2019 dan 2020.

Selama masa persaingan, Lee dan Lin telah bertemu dalam lima final Kejuaraan Dunia dan Olimpiade, serta 10 final di turnamen BWF. Sejumlah rekor juga dibuat Lee Chong Wei dan Lin Dan selama aktif jadi pemain profesional.

Lee Chong Wei bahkan telah mengoleksi 47 gelar BWF Superseries/ World Tour dan menempati peringkat satu dunia selama 349 minggu. Sementara Lin Dan menjadi sosok yang tidak tertandingi pada sejumlah turnamen utama dengan meraih lima gelar juara dunia dan dua medali emas Olimpiade.

Lee Chong Wei dan Lin Dan juga menjadi sosok penting bagi negara mereka di kejuaraan beregu. Meski demikian, Presiden BWF Poul-Erik Hoyer Larsen bukan saja memuji kesuksesan karier Lin Dan dan Lee Chong Wei, tetapi juga pengaruh kedua pemain di lapangan.

"Lee Chong Wei dan Lin Dan adalah duta bulu tangkis terkemuka selama dua dekade terakhir," kata Hoyer dalam rilis yang sama.

"Dengan penampilan luar biasa mereka, mereka menarik seluruh generasi penggemar ke olahraga ini. Mereka berdua sangat pantas untuk dilantik ke dalam Hall of Fame," ucap Hoyer menambahkan.