Pep Guardiola Tolak Kemungkinan Manchester City Treble Winner Musim Ini
Pelatih Manchester City Pep Guardiola (@ManCity)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih Manchester City Pep Guardiola menepis pembicaraan mengenai potensi timnya meraih treble winner atau tiga gelar utama dalam satu musim kompetisi.

The Citizen saat ini masih memiliki kans menjuarai Piala FA, Liga Premier Inggris, dan Liga Champions Eropa. Meski demikian, Guardiola tidak mau kelewat optimis dengan kesempatan itu.

”Saya akan membicarakan itu dengan Anda setelah kami memenangkan Piala FA dan Liga Premier Inggris. Sebelum final Liga Champions, kami akan mulai membicarakan treble. Lihatlah betapa jauhnya itu,” ujar Guardiola, dilansir The Irish Times.

City membutuhkan maksimal 13 kemenangan lagi untuk meraih gelar Liga Primer, Piala FA, dan Liga Champion Eropa. Pasukan Guardiola akan mencapai final Piala FA jika mereka mengalahkan Sheffield United di Wembley pada Sabtu, 22 April malam nanti.

Kemudian, jika mereka memenangkan delapan pertandingan liga yang tersisa maka gelar juara akan dipertahankan. Sementara itu, bulan depan tim asuhan Guardiola akan menghadapi Real Madrid di semifinal Liga Champions Eropa.

Meski demikian, Guardiola mengatakan bahwa treble adalah perihal yang tidak mudah. Sejauh ini, hanya Manchester United yang pernah melakukannya pada tahun 1999.

”Kami masih sangat jauh. Sudah berapa kali treble di negara yang luar biasa ini diraih? Berapa tahun? Berapa banyak tim?” ujar mantan pelatih Barcelona itu.

”Treble baru satu kali. Tetangga kita (Manchester United, red.) melakukannya dalam berapa abad? Hal terbaik adalah fokus melawan Sheffield United. Apakah saya gembira dengan treble? Tidak sama sekali,” imbuh dia.

Guardiola sebelumnya telah membawa City ke semifinal Piala FA sebanyak lima kali. Namun, hanya mengalahkan Brighton pada tahun 2019 dalam perjalanannya untuk memenangkan trofi.

Sementara itu, di ajang Liga Champions Eropa, Guardiola hampir saja membawa City meraih trofi pertama pada tahun 2021 lalu, tetapi akhirnya kalah dari Chelsea di final.