FIFA Resmi Cabut Status Peru sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Peluang Buat Indonesia?
FIFA cabut status tuan rumah Peru untuk Piala Dunia U-17. (Foto: Twitter/@fifa)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Intenasional (FIFA) secara resmi membatalkan Piala Dunia U-17 2023 di Peru. Ini menjadi peluang emas buat Indonesia.

Pembatalan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 diambil FIFA setelah melakukan diskusi panjang dengan Federasi Sepak bola Peru (FPF), pada Senin malam waktu setempat.

Alasan pembatalan Peru untuk menggelar ajang itu disebut karena ketidak mampuan tuan rumah untuk memenuhi komitmen-komitmennya terkait masalah infrastruktur yang diminta untuk dapat menyelenggarakan turnamen.

Dalam pernyataan resminya, FIFA menyebut, meski Peru telah gagal jadi tuan rumah, tapi jadwal turnamen tak mengalami perubahan. Piala Dunia U-17 akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember.

FIFA sekarang mencari tuan rumah baru. Sebelumnya, beredar kabar bahwa Indonesia akan ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

Indonesia sendiri sebenarnya telah ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun, karena gejolak di dalam negeri, FIFA memutuskan untuk mencabut status tuan rumah Indonesia.

FIFA mengambil keputusan itu tanpa menyertai alasan-alasan yang jelas. FIFA hanya menyebut keputusan itu diambil setelah melihat situasi terkini.

Sebelumnya Piala Dunia U-20 menimbulkan kekisruhan di Indonesia, setelah sejumlah elemen masyarakat dan Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan keberatannya terhadap kedatangan salah satu tim peserta, yakni Israel.

Israel sendiri berhak mengikuti Piala Dunia U-20 karena berstatus runner up Piala Eropa U-19 2022. Sementara di Piala Dunia U-17, tim Israel tak ikut serta sehingga tak akan masalah untuk Indonesia jika nantinya menjadi tuan rumah.