Demi Ranking FIFA, Skuad Timnas Indonesia Tak Menjalankan Puasa di Hari Pertandingan Lawan Burundi
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mengatakan, dia dan rekan-rekannya kemungkinan tak akan menjalankan puasa pada Sabtu, 25 Maret. Ini demi menjaga kondisi saat melawan Burundi di FIFA Matchday.

Pemain Jeonnam Dragons itu menjelaskan, laga melawan tim asal Afrika itu sangat penting. Pasalnya, jika menang hasilnya bisa meningkatkan posisi Timnas Indonesia di rangking FIFA.

"Pertandingan nanti (melawan Burundi) sangat penting tentunya, karena kami tahu ini match untuk menaikkan ranking FIFA," kata Asnawi dalam konferensi pers jelang lawan Burundi di Hotel Sultan, Jakarta pada 24 Maret.

"Kami harus meraih kemenangan dan tentunya para pemain barus dalam kondisi yang baik," ucapnya.

Asnawi lalu mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya kemungkinan tak akan berpuasa agar kondisi mereka prima saat menjalani pertandingan. Skuad Garuda merasa harus menjaga kebugaran agar bisa tampil maksimal.

"Mungkin di hari pertandingan kami tidak berpuasa, karena memang sangat penting menjaga tubuh kami agar bisa memberikan pertandingan yang maksimal," tutur mantan pemain PSM Makassar itu.

"Untuk bisa maksimal, tentunya tubuh juga butuh energi yang banyak di pertandingan besok," sambungnya.

Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berharap anak asuhnya tak berpuasa jelang laga melawan Burundi. Pasalnya ia ingin anak asuhnya turun dengan kekuatan maksimal di laga tersebut.

Pelatih asal Korea Selatan itu ingin para pemain yang tak berpuasa di saat hari pertandingan bisa mengganti ibadah tersebut di lain hari.

"Puasa memang agak sulit untuk saya, karena para pemain harus makan di jam yang tepat waktu. Kalau tidak makan tetapi harus berlatih itu agak sulit untuk para pemain," ucap Shin beberapa waktu lalu.

Saat ini timnas Indonesia berada di posisi ke-151 rangking FIFA. Jika sukses meraih kemenangan di laga kontra Burundi, ada kemungkinan Asnawi dkk untuk menembus peringkat 140 besar dunia.