Preview 16 Besar Liga Champions Bayern Munchen Vs PSG: Tim Tamu Bawa Beban Berat di Pundak
Bayern Munchen akan menjamu Paris Saint-Germain di Allianz Arena. (Foto: Twitter/@FCBayern)

Bagikan:

JAKARTA – Leg kedua babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022/2023 menghadirkan partai sengit. Duel besar terjadi saat Bayern Munchen akan menyambut kedatangan raksasa Prancis Paris Saint-Germain (PSG).

Duel yang mengulang nuansa final Liga Champions Eropa musim 2019/2020 itu akan berlangsung di markas Bayern di Allianz Arena, Kamis, 9 Maret dini hari WIB. Tim tuan rumah pun sudah menempatkan satu langkah di babak delapan besar.

Sebelumnya di leg pertama pekan lalu gol tunggal dari mantan pemain PSG, Kingsley Coman, membawa The Bavarians meraih kemenangan 1-0. Pemain yang sama adalah pencetak gol kemenangan Bayern di final tiga tahun lalu melawan PSG.

Kekalahan pada leg pertama tentu membuat PSG hadir ke Allianz Arena dengan beban berat di pundak. Mereka harus meraih kemenangan atas Bavarians demi mempertahankan peluang untuk mendapat gelar perdana dari ajang ini.

Namun, misi tidak akan berjalan semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, tuan rumah berniat membalas dendam atas tim tamu yang menyingkirkan mereka di babak perempat final kompetisi ini pada musim 2020/2021 silam.

Selain itu, Bayern juga ingin menghindari tersingkir dari babak 16 besar untuk kali kedua dari 12 kampanye Liga Champions terakhir mereka. Tim yang mendominasi Bundesliga Jerman itu sebelumnya tersingkir pada babak ini dari Liverpool di musim 2018/2019.

Ambisi itu sepertinya bisa berjalan mulus buat Bayern setelah sejak musim 2010/2011 mereka belum pernah tersingkir dari Liga Champions ketika memenangkan leg pertama pertandingan sistem gugur.

Selain itu, 15 dari 17 pertandingan Eropa terakhir mereka di Allianz Arena berakhir dengan kemenangan. Itu termasuk ketiga pertandingan penyisihan grup mereka melawan Barcelona, Inter Milan, dan Viktoria Plzen musim ini (tiga kali clean sheet).

Adapun sejak April 2018 Bayern tidak pernah gagal mencetak gol di kandang sendiri di kasta tertinggi antarklub Eropa ini. Catatan itu, membuat Les Parisiens dalam posisi yang kurang begitu diungglkan meskipun diisi banyak pemain bintang.

Di sisi lain, PSG berhasil meraih tujuh poin dari tiga pertandingan fase grup Liga Champions di laga tandang awal musim ini. Namun, sejak Oktober 2022 lalu mereka tidak berhasil menjaga clean sheet Eropa di laga tandang.

Namun, di atas kertas kedua tim tercatat sama-sama kuat dalam 12 pertemuan sebelumnya dengan masing-masing mengamankan enam kemenanangan. Akan tetapi, pertandingan dini hari nanti bisa menjadi hari sial buat pelatih PSG Christophe Galtier.

Nasib pelatih 56 tahun itu di kursi pelatih PSG bisa berakhir andai timnya tersingkir dari babak 16 besar untuk kelima kalinya dalam tujuh musim terakhir. Sejauh ini raksasa Prancis itu hanya mampu lolos satu kali dari enam pertandingan babak gugur Liga Champions setelah kalah di leg pertama.

Prediksi susunan pemain:

Bayern Munchen (3-4-2-1): Sommer; Stanisic, Upamecano, De Ligt; Coman, Kimmich, Goretzka, Davies; Sane, Musiala; Choupo-Moting

Paris Saint-Germain (3-5-2): Donnarumma; Pereira, Marquinhos, Ramos; Hakimi, Ruiz, Verratti, Vitinha, Mendes; Messi, Mbappe