Training Center Ditarget Rampung dalam Waktu Tidak Lebih 1 Tahun, Ketum PSSI: Dana dari FIFA Sudah Siap
Ketum PSSI Erick Thohir (kiri) saat menemani Presiden Jokowi memperlihatkan titik lokasi pembangunan training center di IKN Nusantara. (Foto: Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merespons positif penunjukan titik lokasi pembangunan pusat latihan sepak bola di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Dia merasa senang karena Presiden Joko Widodo menempatkan training center itu di tengah IKN Nusantara. Dia pun berjanji, proyek itu akan segera dikerjakan.

Pria yang juga Menteri BUMN itu turut mengungkapkan, dana yang digunakan untuk pembangunan berasal dari bantuan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Saat ini, klaim Erick, dananya sudah ada di PSSI.

"Kami akan pastikan selesai segera. Dana dari FIFA sudah disiapkan, tinggal proses tanahnya. Jadi mudah-mudahan kami bangun segera," kata Erick saat menemani Presiden Jokowi saat meninjau lokasi seperti yang dipantau dari kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat, 24 Februari.

Pendanaan dari FIFA ini sebenarnya sudah disinggu Erick saat pembentukan Komite Adhoc Infrastruktur, 18 Februari lalu. Pada saat itu, mantan Presiden Inter Milan tersebut mengatakan, pendanaan untuk membangun training center tak hanya datang dari FIFA.

"Ini bagian komitmen PSSI membangun training center bersama, tidak hanya pendanaan dari FIFA yang kemarin mereka sudah bilang komitmen untuk membantu pada saat kita makan siang sama mereka, tapi kita juga akan coba mencarikan pembiayaan lainnya," tuturnya, kala itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengatakan, pembangunan pusat latihan untuk sepak bola Indonesia itu akan segera dikerjakkan. Dia pun menyebut, pembangunan akan selesai tidak lebih dari satu tahun.

Terkait dana pembangunan dari FIFA, Jokowi menyebut itu sebagai bentuk kepercayaan internasional, kepercayaan dari FIFA kepada IKN Nusantara.

"Ini training center untuk PSSI, untuk sepak bola, untuk timnas. Ada delapan lapangan sepak bola di sini," tutur Jokowi.