Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 sudah memastikan tempat di putaran final Piala Asia U-20 2025 di China. Namun, sebelum melanjutkan perjuangan, tim asuhan Indra Sjafri ini bakal menjalani pemusatan latihan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal ini dikabarkan oleh pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, dan Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi. Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan dipastikan bakal menjalani latihan di tempat baru yang rencananya juga akan menjadi markas Skuad Garuda pada masa depan.

Saat ini, Indra Sjafri menjelaskan bahwa para pemain akan dipulangkan lebih dulu ke klub masing-masing sebelum menjajal agenda di IKN.

"Pada Senin (30 September 2024) para pemain akan dikembalikan ke klub. Setelah itu, saya akan kembalikan road map menuju Piala Asia U-20 2025," kata Indra Sjafri dikutip pada Selasa, 1 Oktober 2024.

"Pada tanggal 7 sampai 10 atau 11 (Oktober 2024) kami akan coba lapangan di IKN. Satu minggu di situ melakukan latihan, bertepatan dengan peresmian IKN," kata Indra soal latihan di IKN.

Dalam kesempatan yang sama, Yunus Nusi juga memastikan hanya Timnas Indonesia U-20 saja yang berlatih di IKN dalam rangkaian peresmian lokasi Pelatnas PSSI yang baru.

"(Timnas Indonesia) U-20 saja yang (dilatih) Indra Sjafri, tanggal 6-7 Oktober 2024 mereka ke sana sekaligus meresmikan Training Center PSSI di sana."

"Semoga Presiden FIFA Gianni (Infantino) juga datang. Peresmian sekaligus TC untuk persiapan Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2025," ucap Yunus.

Training Center di IKN sudah hampir 100 persen rampung. Yunus juga yakin lapangan serta sarana penunjang bakal berada dalam kondisi terbaik.

"Bagus, sudah 90 persen, untuk TC sudah memenuhi syarat. Lapangan pasti sudah bagus, akomodasi sudah bagus, sarana fasilitas juga sudah pasti," tutur Yunus.

Pembangunan Training Centre Timnas Indonesia di IKN sudah dimulai sejak tahun lalu dan mendapat dana hibah dari FIFA Forward senilai 1,25 juta dolar atau setara Rp19,2 miliar. Pemerintah juga mengalokasikan dana Rp95 miliar untuk Training Centre tersebut.

Training Centre PSSI di IKN juga terdapat delapan lapangan yang terdiri dari lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan tertutup, dan satu lapangan sepak bola pantai.