Preview Manchester United Vs Barcelona: Tuan Rumah Punya Keuntungan Lebih
Manchester United akan menjamu Barcelona di Old Trafford. (Foto: Twitter/@ManUTD)

Bagikan:

JAKARTA – Pertandingan leg kedua babak play off Liga Europa 2022/2023 akan berlanjut dini hari WIB. Satu partai yang menarik adalah bigmatch yang mempertemukan Manchester United (MU) melawan Barcelona.

MU akan menyambut tamunya itu di Stadion Old Trafford, Jumat, 24 Februari pukul 03.00 WIB. Ini akan menjadi duel hidup mati bagi kedua tim setelah mereka bermain imbang 2-2 pada leg pertama yang berlangsung di Camp Nou pekan lalu.

Dengan skor yang sama kuat dari leg pertama, kedua tim masih punya peluang yang sama besar untuk melangkah ke babak berikutnya. Namun, tuan rumah tentu lebih diunggulkan karena akan bermain di hadapan pendukung sendiri.

Klub berjuluk Setan Merah itu juga hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Hasil imbang 2-2 di markas lawan jelas keuntungan buat tuan rumah. 

MU memulai musim ini dengan serangkaian hasil yang sama sekali tidak memuaskan. Namun, sekarang semuanya berubah.

Anak asuh Erik ten Hag sedang dalam tren yang bagus dan masih memiliki peluang untuk menutup musim dengan empat trofi sekaligus.

Trofi pertama kemungkinan besar bisa mereka dapatkan pada akhir pekan ini di Piala Liga Inggris. Di final kompetisi itu, skuat asuhan Erik ten Hag tersebut akan ditantang oleh Newcastle United di Stadion Wembley, Minggu, 26 Februari nanti.

Selain itu, mereka juga masih punya harapan di kompetisi Piala FA. Tim berjuluk Setan Merah ini akan menjalani pertandingan berikutnya di putaran kelima melawan West Ham United pada awal bulan depan nanti.

Setelah itu, mereka akan melakukan perjalanan ke markas Liverpool di Stadion Anfield pada 5 Maret nanti. Jika bisa mengamankan tiga poin melawan Liverpool maka kans mereka meraih gelar Liga Premier Inggris pun tetap terbuka.

Peluang mereka cukup besar di empat kompetisi ini setelah membuat rekor tak terkalahkan dalam delapan pertandingan di semua kompetisi. Selain itu, mereka bahkan mencetak setidaknya dua gol dari sembilan pertandingan terakhir.

Setan Merah juga punya statiatil 14 kemenangan dan satu hasil imbang dari 15 pertandingan kandang terakhir mereka. Akan tetapi, dua tim Spanyol, yakni Real Sociedad dan Atletico Madrid, tercatat menang di Theatre of Dreams tahun lalu.

Oleh karena itu, Barcelona perlu mengambil pelajaran penting dari kedua tim Spanyol itu untuk bisa berjalan lebih jauh di kompetisi ini. Terlebih ini tahun kedua beruntun raksasa asal Negeri Matador itu bermain di kasta kedua kompetisi antarklub Eropa ini.

Blaugrana sendiri datang ke Old Trafford dini hari nanti dengan rekor membanggakan tak terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhir mereka. Dari jumlah itu, 16 pertandingan di antaranya bahkan sukses mereka menangi.

Tim asal Catalan ini juga telah memenangkan 11 pertandingan tandang terakhir mereka di semua kompetisi. Hanya saja Bayern Munchen dan Inter Milan berhasil menyulitkan anak asuh Xavi di Allianz Arena dan San Siro musim ini.

Barcelona juga datang dengan rekor bagus setiap kali melawan Setan Merah. Sejak semifinal Liga Champions Eropa 2007/2008, Manchester United tercatat tidak pernah menang dalam lima pertandingan melawan Blaugrana.

Perkiraan Susunan Pemain:

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Wan-Bissaka, Varane, Martinez, Shaw; Casemiro, Sabitzer; Sancho, Fernandes, Rashford; Weghorst.

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Kounde, Araujo, Alonso, Alba; De Jong, Busquets, Kessie; Raphinha, Lewandowski, Fati.