5 Kejuaraan Balap Internasional Bakal Dihelat di Indonesia, Ini Daftarnya
Sirkuit Mandalika akan mengelar balapan WSBK dan MotoGP lagi. (Foto: Superbike)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia akan menjadi tuan rumah sejumlah event balap mobil dan motor internasional di tahun 2023. Persiapan pun terus dilakukan agar penyelenggaraannya berlangsung baik.

Kejuaraan internasional balap mobil yang akan digelar di Indonesia di antaranya FIA Formula E 2023 sebanyak dua putaran pada 3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta International ePrix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta.

Lalu ada juga ajang Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 yang juga dihelat sebanyak dua putaran pada 22-23 September 2023 serta 24-26 November 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Sedangkan untuk kejuaraan internasional balap motor antara lain World Superbike (WSBK) pada 3-5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) sebanyak dua putaran pada 25 Juni 2023 di Samota Rocket Motor Circuit, Sumbawa, NTB serta 2 Juli 2023 di Lombok, NTB.

Hajatan besar balap motor lainnya yakni MotoGP 2023 pada 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo menyatakan, pihaknya siap memfasilitasi delapan putaran kejuaraan internasional tersebut.

"Banyak agenda IMI di tahun 2023. Kejuaraan nasional dan internasional juga siap diselenggarakan," kata pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 18 Februari.

Selain kejuaraan internasional, IMI juga bersiap untuk menggelar beberapa ajang nasional. Ajang tersebut di antaranya drag race, reli, offroad, motoprix, drag bike, motocross dan beberapa olahraga lainnya.

Selain itu ada juga kejuaraan setingkat nasional yakni Indonesia Motoprix Championship (IMC) - Oneprix sebanyak lima putaran.