Teknik Smash Bola Voli, Cara Melakukan Pukulan Keras dan Tajam
Ilustrasi teknik smash bola voli (Unsplash/Paulo Henrique Macedo Dias)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada beberapa teknik yang dibutuhkan dalam melakukan olahraga voli. Salah satunya adalah smash atau spike. Teknik smash digunakan untuk melakukan penyerangan dan menembus jantung pertahanan lawan untuk menghasilkan poin. Teknik smash bola voli wajib dikuasai oleh seorang yang berposisi sebagai smasher atau spiker. 

Smash yang keras dan terukur menjadi salah satu kunci kemenangan dalam pertandingan olahraga voli. Smash dilakukan dengan memukul bola di udara sambil melompat. Pukulan harus dilakukan dengan keras sehingga dan menukik hingga sulit dihadang oleh lawan. 

Namun tidak semua pemain bisa melakukan smash yang efektif dengan mudah, khususnya pemain voli pemula. Ada cara atau teknik smash yang perlu dipelajari oleh pemain voli pemula. 

Cara Melakukan Smash Keras dan Tajam

Smash dilakukan dalam olahraga voli dibutuhkan untuk menyerang pertahanan lawan. Namun tidak setiap smash berhasil menghasilkan poin. Seringkali smash masih bisa di blok atau dikembalikan oleh lawan. 

Untuk bisa menembus pertahanan lawan hingga membuahkan poin, maka dibutuhkan smash yang keras dan tajam. Berikut langkah-langkah melakukan teknik smash bola voli yang benar. 

Awalan atau Persiapan 

Teknik awalan untuk melakukan smash terdiri dari dua langkah, yaitu persiapan dan tolakan. Berikut tutorial melakukan kedua langkah tersebut. 

  • Posisi badan berdiri, satu kaki berada di depan
  • Kemudian langkahkan satu kaki maju ke depan, diikuti ayunan kedua lengan ke arah belakang. Ambil posisi badan membungkuk secara berangsur agar ancang-ancang tolakan semakin kuat. 

Lompatan 

Gerakan lompatan mengandalkan kelenturan kaki untuk ancang-ancang dan kekuatan kaki. Gerakan ini dilakukan dengan menekuk lutut dan mendorong badan ke atas. 

  • Melangkahkan kaki hingga kedua telapak kaki dalam posisi yang hampir sejajar. Posisi satu kaki sedikit lebih ke depan untuk menghentikan gerakan ke arah depan dan persiapan melakukan lompatan.
  • Ambil ancang-ancang dengan menekuk kaki dan badan. Lakukan lompatan sekuatnya dengan mengayunkan kedua lengan ke arah belakang atas semaksimal mungkin. Berat badan dipusatkan pada kaki di posisi depan. 

Memukul Bola

Saat badan sudah melayang atau berada di udara, maka selanjutnya adalah melakukan smash atau pukulan. Seorang spiker harus mampu menjaga keseimbangan dengan baik saat melayangkan smash. 

  • Fokus pada bola dan keseimbangan badan. Ayunkan lengan dengan lurus ke depan. Lakukan pukulan sekeras mungkin ke arah bola. 
  • Pukulan yang benar adalah posisi telapak tangan mengenai bola tepat di bagian tengah bola. 
  • Saat pukulan menyentuh bola, hentakkan pergelangan tangan ke depan guna mendorong bola lebih kuat. Buka sedikit jaring tangan saat melakukan dorongan. 
  • Lakukan gerakan dorongan lengan setelah memukul bola agar mendapatkan pukulan yang maksimal. 

Mendarat

Langkah terakhir dalam melakukan smash adalah mendarat. Pendaratan perlu dilakukan dengan keseimbangan yang baik. Sebab salah dalam mendarat bisa mengakibatkan cedera. 

  • Lakukan pendaratan dengan kedua kaki atau satu kaki terlebih dahulu. 
  • Saat mendarat, posisi badan lebih membungkuk ke depan. 
  • Lutut sedikit ditekuk ketika kaki sudah menyentuh lantai. 
  • Jaga jangan sampai anggota badan mengenai net atau jaring.

Demikianlah langkah-langkah melakukan teknik smash bola voli dengan benar. Banyak orang menganggap bahwa gerakan smash terkesan sederhana dan mudah karena tinggal melakukan pukulan yang keras. Namun faktanya tidak semua orang bisa melakukan smash yang benar, yakni keras, terukur, dan tajam. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.