100 Kota <i>Flag-off</i> Serentak dalam Pocari Run 2023
Konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta Pocari Sweat Run 2023 (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun kesepuluh gelaran Pocari Sweat Run akan mengusung tema yang berbeda dari sebelumnya. Di tahun 2023, penyelenggara akan melibatkan 100 kota di Tanah Air dalam proses flag-off secara serentak.

Pocari Sweat Run 2023 sejatinya akan menjadikan Kota Bandung sebagai lokasi utama digelarnya maraton pada 30 Juli mendatang. Namun, tahun ini, Pocari Sweat memastikan akan melakukan flag-off di 100 kota berbeda bersamaan dengan di Bandung.

Hal ini dilakukan dengan tujuan para pelari virtual bisa merasakan atmosfer yang sama dengan peserta offline di Bandung, seperti diutarakan Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati

"Di tahun ini kita bekerja sama dengan komunitas di 100 kota. Nanti di 100 kota ada meeting offline,” kata Puspita Winawati saat konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta pada Minggu 5 Januari pagi WIB.

"Dan dari Bandung ada flag-off, tetapi di 100 kota lain juga akan flag off secara bersamaan agar runners yang ikut secara virtual juga bisa merasakan ambience-nya bersama-sama,” lanjut Wina.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, panitia Pocari Sweat Run 2023 masih akan menerapkan tiga kategori perlombaan untuk offline.

Ketiga kategori tersebut adalah Marathon dengan usia minimal minimal 18 tahun, Half Marathon dengan usia minimal 17 tahun dan 10K dengan usia minimal 15 tahun.

Namun demikian, hal berbeda justru terlihat pada kategori virtual di mana nantinya akan ada dua kategori tambahan yakni 3k dan 5k untuk anak-anak dan keluarga demi menjangkau peserta yang lebih luas.

“Karena yang virtual kita mau lebih banyak lagi mengajak dan menyertakan newbie, atau pelari baru. Atau mungkin pelari yang ingin berlari bersama anaknya," ujar Wina menerangkan.

Inovasi yang diterapkan pada tahun ini rupanya sukses menyedot perhatian para runners. Hal itu terlihat dari antusias saat proses pendaftaran online, di mana 11 ribu tiket Pocari Sweat Run 2023 berhasil terjual hanya dalam waktu 56 menit.

“Tahun ini 11 ribu (tiket) habis dalam 56 menit," jelas Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat selaku lokasi diselenggarakannya acara saat hadir di lokasi konferensi pers.

Bagi peserta offline race Pocari Sweat Run Indonesia 2023, nantinya Race Pack bisa diambil saat Race Pack Collection yang berlangsung di Bandung pada tanggal 28-29 Juli 2023.