Panahan Menatap Olimpiade 2024 dengan Memori Indah Korea 1988
Para pengurus Perpani ketika menyambangi kantor KONI. (Foto: Dok. KONI)

Bagikan:

JAKARTA - Panahan menjadi salah satu cabang olahraga yang akan jadi andalan Indonesia di Olimpiade 2024. Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) pun optimistis bisa mewujudkannya.

"Kami ingin lagu Indonesia Raya dikumandangkan pada Olimpiade 2024 Paris nanti," kata Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat selaku Ketum PB Perpani pada Rabu, 1 Februari saat kunjungan ke Kantor KONI.

Optimisme Ketum PB Perpani itu juga didukung oleh Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat, Marciano Norman. Sebab, Marciano berkaca pada kesuksesan cabor ini di Olimpiade Korea 1988 silam.

"Saya melihat cabor panahan ini cabor yang potensial," ujar Marciano.

Pada masa itu, cabor panahan sukses menyumbang medali pertama untuk Tanah Air sebelum cabor lain dilombakan di Olimpiade.

"Panahan ini tercatat sebagai cabang olahraga pertama yang berhasil mempersembahkan medali untuk Indonesia pada Olimpiade 1988 di Korea," kata Marciano.

"Indonesia pertama dikalungi atau mendapatkan medali Olimpiade itu ya dari Panahan, cabor lain belum ada, panahan sudah ada,” jelasnya lagi.

Ketika Olimpiade Korea 1988, tiga Srikandi Indonesia yaitu, Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani mampu meraih perak untuk cabor panahan. Perolehan itu menjadi medali pertama Indonesia pada Olimpiade sejak keikutsertaan dari Olimpiade 1952 di Helsinki, Finlandia.