Tekuk Shi Yuqi, Jonatan ke Final Indonesia Masters 2023
Jonatan Christie. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA — Tunggal putra Jonatan Christie memastikan diri mencapai final Indonesia Masters 2023 usai menang melawan tunggal putra China Shi Yuqi. Jonatan mengunci tiket partai pamungkas setelah menang tiga gim 21-13, 15-21, dan 21-19 di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 28 Januari 2023. Ini adalah final pertama atlet 25 tahun itu di Istora setelah Asian Games 2018, di mana ia keluar sebagai juara.

Selain itu, ini adalah kemenangan keenam Jonatan atas Shi Yuqi dari sepuluh pertemuan mereka sekaligus balas dendam setelah ia kalah dalam pertemuan terakhir mereka di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

"Senang tentunya, pertama kalinya bermain final di Istora, selain Asian Games. Terus bisa mengalahkan Shi Yuqi juga. Akhirnya bisa balas di Istora setelah dia menang atas saya di Olimpiade. Namun, perjuangan belum selesai," kata Jonatan dalam jumpa pers.

Setelah bermain ketat pada awal gim pertama, Jonatan harus rela melihat lawannya unggul 11-9 pada interval. Meski demikian, sembilan poin beruntun setelahnya sukses membawa Jonatan balik memimpin 18-11.

Shi Yuqi sempat menahan laju pemilik medali emas Asian Games 2018 itu dengan menambah dua angka lagi. Namun, tiga angka beruntun setelahnya yang dihasilkan Jonatan sukses menutup gim pertama.

Di awal gim kedua, giliran Shi Yuqi yang mengambil alih permainan sukses unggul 7-1 atas lawannya. Jonatan kemudian pelan-pelan mulai bangkit dan memangkas jarak menjadi empat poin saja pada saat rehat.

Usaha Jonatan untuk membuat skor menjadi kembar benar-benar tidak bisa berjalan dengan baik. Sebuah smes keras yang dilakukannya, tetapi tersangkut di net kemudian memaksa laga harus ke gim ketiga.

Jonatan bangkit dari ketertinggalan tiga poin pada awal gim ketiga untuk balik memimpin 9-8. Namun, Shi Yuqi menghasilkan tiga angka beruntun untuk unggul di istirahat.

Skor kembar kemudian tersaji 13-13, 14-14, dan 16-16. Shi Yuqi sempat menahan dua match poin sebelum harus mengakui keunggulan lawannya di gim penentuan.

Lolosnya Jonatan ke final ini membuat harapan Indonesia mengakhiri puasa gelar tunggal putra di Indonesia Masters dalam dua edisi sebelumnya pun terbuka. Terakhir kali tunggal putra Indonesia juara di ajang ini adalah 2020 lalu melalui Anthony Sinisuka Ginting.

Di final besok Jonatan akan menghadapi pemenangan dari Chico Aura Dwi Wardoyo melawan tunggal Hong Kong Ng Ka Long Angus. Kedua pemain itu belum bermain ketika berita ini dipublikasikan.