Rekomendasi Lapangan Golf di Surabaya Beserta Fasilitas yang Disediakannya
Ilustrasi lapangan golf (Foto/Ist)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Golf adalah salah permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang yang disebut hole dari daerah yang telah ditentukan menggunakan stick golf sebagai pemukulnya. Olahraga golf hanya bisa dimainkan di padang golf khusus. Oleh sebab itu, tak heran jika olahraga ini dianggap sebagai permainan orang kaya.

Nah, bagi Anda yang tengah berada di Surabaya dan ingin menjajal olahraga golf, berikut rekomendasi lapangan golf di Surabaya lengkap dengan fasilitasnya.

Rekomendasi Lapangan Golf di Surabaya

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Sabtu, 28 Januari 2023, berikut lapangan golf terbaik di Surabaya yang wajib dikunjungi oleh pencinta olahraga golf:

  1. Ciputra Golf and Family Club
Lapangan golf milik Ciputra Golf Club
Lapangan golf milik Ciputra Golf Club (Dok. Ciputra GC & Resto Surabaya)

Padang golf ini terletak di Jalan CitraLand Utama, CitraLand Surabaya, Jawa Timur dan sudah beroperasi sejak 1995.

Ciputra Golf and Family Club termasuk salah satu lapangan golf terbesar dan terlengkap di Jawa Timur. Lapangan ini memiliki 27 holes Championship Golf course dengan club house dan 9 holes untuk malam hari.  

Ciputra Golf didesain oleh Andy Dye dari Dye Design Corp. Andy Dye merupakan salah satu arsitek lapangan golf terkemuka di dunia.

Ciputra Golf and Family Club telah mengantongi sertifikat dari Lembaga Sertifikat Usaha Perusahaan Penyedia Sertifikasi (LSU PPS) sebagai Lapangan Golf di Jawa Timur yang memenuhi syarat untuk bisnis pariwisata.

  1. Bukit Darmo Golf

Lapangan golf ini terletak di Jalan Bukit Darmo Gold Nomor 2, sekitar 10 menit dari Pusat Kota Surabaya.  

Bukit Darmo Golf pertama kali beroperasi pada 1994. Dirancang oleh Jack Niklaus II, Bukit Darmo Golf disebut sebagai padang golf palig menantang di Asia karena memiliki medan golf yang bergelombang. Lapangan ini memiliki 18 holes championship golf club dengan club house.

  1. Graha Family Golf & Country Club

Beroperasi sejak 1995, Graha Family Golf & Country Club menawarkan layanan Asisten Golf (Caddie) yang telah dipilih secara khusus. Caddie ini sebelumnya sudah menjalani tes dan dilatih secara berkala.

Graha Family Golf terletak di Surabaya Barat, tepatnya di Jalan Raya Golf Graha Famili, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis, Surabaya.

Graha Family Golf dirancang oleh pegolf dunia yang terkenal, yakni Arnold Palmer. Lapangan golf ini memiliki 18 holes championship golf club dengan club house.

  1. Taman Dayu Golf Club

Lapangan golf yang terletak di Jalan Raya Surabaya-Malang Km. 48 Pandaan ini sudah beroperasi sejak 1995.

Diarsiteki Jack Niklaus, Taman Dayu Golf Club memiliki 18 holes championship golf club dengan club house.

Pada 2005, Taman Dayu Golf mendapat predikat sebagai “The Best Golf Course in Asia” dari majalah Golf Digest. Tak hanya itu, lapangan ini juga mendapat peringkat ke-50 sebagai lapangan golf terbaik di luar Amerika Serikat.

  1. Finna Golf and Country Club

Golfer yang ingin menjajal lapangan golf ini bisa mengarahkan kendaraannya ke Jalan Raya Bersari, Surabaya. Finna Golf dirancang oleh tiga arsitek lapangan golf kenamaan dunia, yakni Peter Thomson, Michael Wolveridge dan Ross Perret. Finna Golf and Country Club sudah beroperasi sejak 1994. 

Finna Golf mempunyai 18 holes championship golf club dengan club house. Lapangan golf ini memiliki medan yang berada di kaki bukit.

  1. Pakuwon Golf and Family Club
Pakuwon Golf and Family Club
Pakuwon Golf and Family Club (Dok. Pakuwon Golf and Family Club).

Lapangan golf yang satu ini cukup unik karena para golfer dapat menikmati lukisan satwa liar Afrika di langit-langit club house. Hal ini tidak mengerankan karena desan Pakuwon Golf and Family Club terinspirasi dari konsep "African Lost City”.

Arsitek yang merancang lapangan golf ini, yakni Thomson dan Wolfrige berusaha menghidupkan kembali memori indah Afrika.

Pakuwon golf ini menyediakan 18 holes. Selain golf untuk siang hari, Pakuwon Golf juga menyediakan golf unuk malam hari.

Demikian informasi tentang lapangan golf di Surabaya beserta fasilitas yang disediakannya. Semoga bermanfaat!