India Open 2023: Pertarungan Tiga Gim Mengantarkan Anthony Ginting ke Semifinal
Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, berhasil melaju ke babak semifinal India Open 2023. Tampil sebagai pembuka wakil Indonesia, ia sukses menundukan wakil China lewat pertarungan tiga gim.

Tampil di K.D Jadhav Indoor Hall, Jumat, 20 Januari sore WIB, Ginting menyudahi perlawanan Li Shi Feng dalam waktu 65 menit. Ia menutup perlawanan perwakilan Negeri Tirai Bambu itu dengan skor 21-11, 17-21 dan 21-18.

Di awal gim pertama perempat final, pergerakan Ginting tak mengalami kesulitan. Unggulan keenam itu mendominasi lawan sejak poin awal dan terus berlanjut hingga interval dengan skor 11-8.

Setelah jeda Ginting makin percaya diri. Dia menutup ini dengan kemenangan 21-11.

Pada gum kedua barulah upayanya mendapat perlawanan dari Li Shi Feng. Meski Ginting mengamankan dua poin lebih dulu di awal, usahanya bisa dikejar di interval kedua dengan skor 11-9.

Momen tertinggalnya Ginting dimanfaatkan dengan baik oleh Li Shi Feng. Ia membaca pola lawan dan sukses membuat jarak poinnya tak terkejar hingga unggul 21-17 dari Ginting di babak kedua.

Situasi imbang ini memaksa permainan berlanjut ke gim ketiga untuk menentukan pemenang. Tak ingin mengulang kesalahn, Ginting menerapkan fokus sejak poin pertama.

Usahanya berbuah manis karena bisa unggul lebih dulu dua angka, tapi itu tak berlangsung lama karena sempat terjadi kejar-kejaran poin menjelang interval ketiga. Meski ditempel ketat, Ginting unggul 11-10 dari Li Shi Feng.

Setelah jeda minum ketiga, Ginting memanfaatkan keunggulan sebelumnya untuk pelan-pelan mengumpulkan poin. Usaha berhasil karena setelah jeda, lawan justru kewalahan dan tertinggal jauh dengan skor akhir 21-18.

Langkah Ginting tak serta merta mudah di babak berikutnya. Di babak semifinal nanti ia akan melawan pemenang antara laga Kunlavut Vitidsarn dan Loh Kean Yew yang merupakan unggulan ke-8 dan ke-3.