Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting melangkah ke semifinal Indonesia Open 2023. Dia mengalahkan kompatriotnya Jonatan Christie.

Anthony menjadi wakil pertama Indonesia yang mencapai empat besar setelah menang dengan 21-19 dan 21-16 di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Juni malam WIB.

"Hari ini cukup sangat ketat. Kuncinya di set pertama ketika saya ketinggalan. Di situ saya tetap bermain dengan pola saya. Di poin akhir saya lebih sabar lagi dan mengembangkan pola permainan saya,” ujar Anthony usai laga.

Perjalanan ke semifinal merupakan pencapaian terbaik Anthony selama mengikuti Indonesia Open. Perjalanan terjauh dia sebelum ini adalah perempat final yang sebelumnya pernah ia capai tahun lalu.

”Pastinya bersyukur ini pencapaian pertama saya ke semifinal selama Indonesia Open. Besok masih ada tugas. Tidak mau terlalu muluk. Saya hanya akan bersiap dengan baik,” kata Anthony.

Di babak semifinal nanti, Anthony akan menghadapi Li Shi Feng. Tunggal putra China itu lolos ke semifinal setelah memulangkan wakil India, Kidambi Srikanth.

Di atas kertas Anthony memiliki rekor pertemuan yang menguntungkan. Dari tiga pertemuan sebelumnya di tahun ini, Anthony tercatat selalu menang, termasuk Singapore Open awal bulan ini.

"Saya merasa hari ini Ginting pantas untuk menang. Dia bermain bagus dan cepat. Saya berharap dia bisa maksimal di pertandingan besok dan ke final dan juara," harap Jonatan untuk rekan Pelatnas-nya tersebut.

Sebelumnya, tiga wakil Indonesia sudah terlebih dahulu gagal ke babak semifinal. Salah satu di antaranya adalah ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Sementara itu, dua wakil lain yang terhenti adalah ganda putra nomor satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Apriyani/Fadia kalah melawan unggulan ketujuh Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Rinov/Pitha juga menyerah melawan pasangan Yuta Watanabe/Arisa Higashino, dan Fajar/Rian dicegah pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Kegagalan juga dirasakan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang kalah dari pasangan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae. Ganda putra muda milik Indonesia itu menyerah dua gim langsung 14-21 dan 10-21.