Profil Al Nassr, Tim yang Berani Gaji Ronaldo Rp3,3 Triliun
Al Nassr dan Ronaldo/ Foto: IST)

Bagikan:

JAKARTA — Berikut ini profil klub Arab Saudi Al Nassr yang baru saja mendapatkan tanda tangan mega bintang Cristiano Ronaldo dalam kesepakatan kontrak hingga tahun 2025.

Perekrutan pemain berusia 37 tahun itu mereka umumkan pada Sabtu, 31 Desember dini hari WIB. Sang bintang dilaporkan akan menerima upah 177 poundsterling atau Rp3,3 triliun per tahun.

Nominal itu menjadikan Ronaldo sebagai pemain dengan gaji terbesar dalam sejarah sepak bola. Ia datang sebagai pemain bebas transfer setelah kontraknya di Manchester United diputus sebelum Piala Dunia 2022 Qatar.

Al Nassr adalah sebuah klub sepak bola Arab Saudi yang berbasis di Riyadh. Klub yang identik dengan warna kuning dan biru ini berdiri pada tahun 1955.

Pada saat ini mereka memainkan pertandingan kandangnya di Taman Mrsool atau juga dikenal sebagai King Saud University Stadium yang berkapasitas 25 ribu penonton.

Saat ini klub berjuluk Najd's Knight tersebut dimiliki oleh Musalli Al Muammar. Nama ini pernah menjabat sebagai presiden Saudi Pro League sebelum menduduki jabatan presiden Al Nassr pada tahun lalu.

Dalam sejarahnya Al Nassr, yang merupakan salah satu raksasa di Saudi Pro League, sudah sembilan kali menjadi kampiun. Mereka tim tersukses kedua setelah Al Hilal yang mengoleksi 18 gelar.

Terakhir kali mereka juara liga adalah pada musim 2018/2019. Sementara itu, musim ini mereka masih menempati urutan kedua klasemen sementara, terpaut dua poin dari Al Shabab yang menghuni posisi wahid.

Meski sudah sukses di pentas domestik, Al Nassr belum pernah merasakan sensasi mengangkat trofi Liga Champions Asia. Mereka satu kali satu kali mencapai final pada tahun 1995, tetapi kalah dari Ilhwa Chunma.

Dengan demikian, mereka tentu akan berharap banyak pada Ronaldo untuk mengangkat trofi pertama di ajang itu. Terlebih CR7 hadir sebagai pemilik lima gelar Liga Champions Eropa.

Saat ini Al Nassr dilatih oleh juru taktik ternama Rudi Garcia. Nama ini merupakan juru taktik berprestasi di eropa yang pernah menangani klub sekaliber AS Roma dan membawa Lille merengkuh trofi Ligue 1 2011 silam.

Garcia bergabung dengan Al Nassr pada Juli 2022 lalu dari Olympique Lyon. Selain akan menangani Ronaldo, Garcia juga sudah punya nama-nama beken seperti mantan pemain Bayern Munchen, Luis Gustavo.

Selain itu, ada juga mantan kiper Arsenal David Ospina dan striker Kamerun di Piala Dunia 2022 Vincent Aboubakar. Nantinya Aboubakar bakal berpartner dengan Ronaldo di lini serang tim.