Bagikan:

JAKARTA — Pertandingan lanjutan fase grup Piala AFF 2022 akan berlanjut petang nanti. Duel dua tim favorit juara Indonesia dan Thailand yang ditunggu-tunggu pun akan saling berjibaku.

Laga ketiga Grup A yang akan dihelat di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis, 29 Desember pukul 16.30 WIB, itu akan menjadi kesempatan bagi Shin Tae Yong untuk memburu kemenangan perdananya atas Thailand.

Ini adalah pertandingan kelima pelatih Korea Selatan itu melawan tim Gajah Perang sejak menukangi timnas Indonesia. Di empat pertemuan sebelumnya, juru taktik 52 tahun itu tercatat belum satu kali pun mengamankan kemenangan.

Empat pertemuan yang gagal dimenangi Shin Tae Yong itu berturut-turut terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Putaran Kedua Grup G, final Piala AFF 2020, dan SEA Games 2021 Vietnam pada Mei 2022 lalu.

Saat di kualifikasi Piala Dunia, Shin cuma mendapat hasil imbang 2-2. Sementara itu, saat berduel di final AFF 2020 yang berlangsung dua leg, Indonesia kalah 0-4 di leg pertama dan bermain seri 2-2 di leg kedua.

Saat berjumpa di SEA Games, pasukan Garuda sanggup memaksa Thailand bermain tanpa gol di waktu normal. Sayang, skuat Merah Putih kemudian harus tersingkir setelah menelan kekalahan 0-1 pada babak tambahan waktu.

Selain rekor tidak memuaskan Shin, Indonesia juga memiliki catatan sama minusnya saat bersua Thailand. Garuda tercatat belum pernah menang dalam lima pertemuan terbaru di level senior, termasuk tiga saat ditangani Shin.

Sejarah pertemuan di Piala AFF juga masih memihak Thailand sejauh ini. Mereka tercatat menang sembilan kali, seri tiga kali, dan cuma dua kali kalah di kompetisi dwitahunan untuk kawasan Asia Tenggara ini.

Oleh karena itu, pertandingan sore nanti bakal menjadi ujian berat buat Egy Maulana Vikri dan rekan-rekan. Garuda diharapkan bisa menang di hadapan kurang lebih 50 ribu penonton yang dilaporkan akan hadir.

Indonesia terakhir kali menjamu Thailand di Gelora Bung Karno adalah pada tahun 2019 lalu. Pada saat itu, Garuda dibuat menderita oleh tim Gajah Perang dengan tiga gol tanpa balas.

Perjalanan kedua tim di Piala AFF sejauh ini masih mulus, sama-sama bisa meraup poin maksimal dari dua laga. Indonesia menang atas Kamboja dan Brunei, sedangkan Thailand mengalahkan Brunei dan Filipina.

5 Pertemuan Terakhir Indonesia v Thailand

01/01/2022 Thailand 2-2 Indonesia

29/12/2021 Indonesia 0-4 Thailand

03/06/2021 Thailand 2-2 Indonesia

10/09/2019 Indonesia 0-3 Thailand

17/11/2018 Thailand 4-2 Indonesia

Perkiraan Formasi

Indonesia (4-3-2-1): Nadeo Argawinata (kiper); Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam; Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri; Ilija Spasojevic.

Thailand (4-4-2): Kittipong Phoothawchuek (kiper); Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Suphanan Bureerat, Sasalak Haiprakhon; Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Bordin Phala, Ekanit Panya; Teerasil Dangda, Adisak Kraisorn.